Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Organisasi Kepemudaan Dukung Kampanye Vaksinasi Covid-19 Untuk Diaspora WNI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 20 Februari 2021, 09:38 WIB
Organisasi Kepemudaan Dukung Kampanye Vaksinasi Covid-19 Untuk Diaspora WNI
Ketua Umum PP Angkatan Muda Partai Golkar, Ilham Permana/Net
rmol news logo Caraka Muda Nusantara menggelar Webinar Diaspora Forum dengan tema "Peran Pemuda dalam Penanganan Pandemi dan Program Vaksinasi Nasional", Jumat (19/2).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Webinar tersebut menghadirkan Ketua Umum PP Angkatan Muda Partai Golkar, Ilham Permana dan mahasiswa master Program Uskudar University, Istanbul, Darlis Azis sebagai narasumber, serta mahasiswa Suleyman Demirel University, Isparta, Gading Siagian sebagai moderator.

"Seberapa jauh organisasi kepemudaan berperan dalam penanganan pandemi Covid-19? Apakah organisasi kepemudaan memiliki peran yang signifikan dalam penyebaran informasi protokol kesehatan dan kampanye vaksinasi nasional?" pantik Gading Siagian mengawali diskusi.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Ilham Permana menyebutkan bahwa AMPG telah turut berkontribusi dalam penanganan pandemi.

AMPG telah mensosialisasikan protokol kesehatan dan membagikan alat kesehatan seperti masker, hand sanitizer, bilik disinfektan secara merata ke berbagai daerah di seluruh Indonesia. Selain itu AMPG juga telah memberikan ribuan paket sembako kepada keluarga yang terkena dampak dari Covid-19 ini.

"Protokol kesehatan adalah cara yang efektif untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Selain membagikan alat kesehatan, kami juga telah melakukan sosialisasi protokol kesehatan yang simultan dan berkelanjutan di seluruh kabupaten kota di Indonesia. Tanpa sosialisasi, tidak mungkin pandemi ini dapat berakhir," kata Ketua Umum PP AMPG tersebut.

Terkait kampanye penanganan Covid-29 di sosial media, Ilham menyatakan dalam rangka suksesi vaksinasi nasional, terdapat beberapa kader AMPG yang menjadi influencer di medsos untuk meyakinkan pentingnya vaksinasi dalam membangun herd immunity di Indonesia. Dan terdapat ratusan kader AMPG yang mendafar sebagai sukarelawan vaksinasi nasional.

Sementara itu, Waketum Caraka Muda Nusantara, Darlis Azis menjelaskan perbandingan penanganan Covid-19 di Turki. Kebijakan pandemi di Turki ini banyak dipengaruhi oleh faktor stabilitas domestik yang berpengaruh dalam pengendalian krisis. Turki berhasil berhasil bertahan, dimana dalam sisi ekonomi di Eropa menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen di tengah Covid-19.

"Turki juga mampu melakukan ekspansi pengaruh di tengah krisis kepemimpinan dengan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke hampir 100 negara di seluruh dunia. Ini tidak terlepas dari faktor stabilitas internal, koordinasi dan saling mendukung di antara pengambil kebijakan termasuk partai politik yang ada di Turki," papar Darlis.

"Sampai saat ini program vaksinasi nasional di Turki telah mencapai 3 juta orang dari total 80 juta penduduk. Turki menjadi salah satu negara yang tertinggi dalam program vaksinasi di Eropa.

Pada sesi akhir webinar, Ketua Umum Caraka Muda Nusantara, Adhe Nuansa Wibisono menyatakan apresiasinya terhadap program Covid-19 yang telah dilakukan AMPG.

"Pengalaman AMPG dalam program penanganan Covid-19 di Indonesia menjadi inspirasi bagi Caraka Muda di Turki. Kedepannya Caraka dan AMPG bersama-sama akan mendukung kampanye vaksinasi dan penanganan Covid-19 terutama untuk diaspora WNI yang ada di Turki," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA