Organisasi Kepemudaan Dukung Kampanye Vaksinasi Covid-19 Untuk Diaspora WNI

Ketua Umum PP Angkatan Muda Partai Golkar, Ilham Permana/Net

Caraka Muda Nusantara menggelar Webinar Diaspora Forum dengan tema "Peran Pemuda dalam Penanganan Pandemi dan Program Vaksinasi Nasional", Jumat (19/2).

Webinar tersebut menghadirkan Ketua Umum PP Angkatan Muda Partai Golkar, Ilham Permana dan mahasiswa master Program Uskudar University, Istanbul, Darlis Azis sebagai narasumber, serta mahasiswa Suleyman Demirel University, Isparta, Gading Siagian sebagai moderator.

"Seberapa jauh organisasi kepemudaan berperan dalam penanganan pandemi Covid-19? Apakah organisasi kepemudaan memiliki peran yang signifikan dalam penyebaran informasi protokol kesehatan dan kampanye vaksinasi nasional?" pantik Gading Siagian mengawali diskusi.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Ilham Permana menyebutkan bahwa AMPG telah turut berkontribusi dalam penanganan pandemi.

AMPG telah mensosialisasikan protokol kesehatan dan membagikan alat kesehatan seperti masker, hand sanitizer, bilik disinfektan secara merata ke berbagai daerah di seluruh Indonesia. Selain itu AMPG juga telah memberikan ribuan paket sembako kepada keluarga yang terkena dampak dari Covid-19 ini.

"Protokol kesehatan adalah cara yang efektif untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Selain membagikan alat kesehatan, kami juga telah melakukan sosialisasi protokol kesehatan yang simultan dan berkelanjutan di seluruh kabupaten kota di Indonesia. Tanpa sosialisasi, tidak mungkin pandemi ini dapat berakhir," kata Ketua Umum PP AMPG tersebut.

Terkait kampanye penanganan Covid-29 di sosial media, Ilham menyatakan dalam rangka suksesi vaksinasi nasional, terdapat beberapa kader AMPG yang menjadi influencer di medsos untuk meyakinkan pentingnya vaksinasi dalam membangun herd immunity di Indonesia. Dan terdapat ratusan kader AMPG yang mendafar sebagai sukarelawan vaksinasi nasional.

Sementara itu, Waketum Caraka Muda Nusantara, Darlis Azis menjelaskan perbandingan penanganan Covid-19 di Turki. Kebijakan pandemi di Turki ini banyak dipengaruhi oleh faktor stabilitas domestik yang berpengaruh dalam pengendalian krisis. Turki berhasil berhasil bertahan, dimana dalam sisi ekonomi di Eropa menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen di tengah Covid-19.

"Turki juga mampu melakukan ekspansi pengaruh di tengah krisis kepemimpinan dengan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke hampir 100 negara di seluruh dunia. Ini tidak terlepas dari faktor stabilitas internal, koordinasi dan saling mendukung di antara pengambil kebijakan termasuk partai politik yang ada di Turki," papar Darlis.

"Sampai saat ini program vaksinasi nasional di Turki telah mencapai 3 juta orang dari total 80 juta penduduk. Turki menjadi salah satu negara yang tertinggi dalam program vaksinasi di Eropa.

Pada sesi akhir webinar, Ketua Umum Caraka Muda Nusantara, Adhe Nuansa Wibisono menyatakan apresiasinya terhadap program Covid-19 yang telah dilakukan AMPG.

"Pengalaman AMPG dalam program penanganan Covid-19 di Indonesia menjadi inspirasi bagi Caraka Muda di Turki. Kedepannya Caraka dan AMPG bersama-sama akan mendukung kampanye vaksinasi dan penanganan Covid-19 terutama untuk diaspora WNI yang ada di Turki," pungkasnya.

Kolom Komentar


Video

Obrolan Bareng Bang Ruslan • Reshuffle Kabinet

Selasa, 13 April 2021
Video

Jendela Usaha • Laris Manis Saat Ramadhan Dengan Olahan Kolang Kaling

Rabu, 14 April 2021
Video

RMOL WORLD VIEW • Apa Kabar Asia Timur?

Rabu, 14 April 2021

Artikel Lainnya

Soal Reshuffle, Gerindra Pastikan Tak Mau Intervensi Presiden Jokowi
Politik

Soal Reshuffle, Gerindra Pas..

14 April 2021 17:57
Pengurus PPP Sambangi DPP PKS Saat Ramadhan, Ini Yang Akan Dibahas
Politik

Pengurus PPP Sambangi DPP PK..

14 April 2021 17:56
Vaksinasi Tidak Batalkan Puasa, Warga Yang Sudah Terjadwal Tak Perlu Ragu
Politik

Vaksinasi Tidak Batalkan Pua..

14 April 2021 17:44
Jadi Tokoh Parpol Paling Diinginkan Jadi Presiden 2024, Golkar: Aspirasi Arus Bawah Semakin Meluas
Politik

Jadi Tokoh Parpol Paling Dii..

14 April 2021 17:23
Ketum PAN: Kebijakan Impor Muncul Dari Perilaku Pemburu Rente
Politik

Ketum PAN: Kebijakan Impor M..

14 April 2021 17:20
23 Tahun Reformasi, Zulhas Sedih Lihat Supermarket Penuh Barang Impor
Politik

23 Tahun Reformasi, Zulhas S..

14 April 2021 16:59
Panitia PON Papua Diminta Antisipasi Dua Masalah Non Teknis
Politik

Panitia PON Papua Diminta An..

14 April 2021 16:51
Propam Luncurkan Aplikasi Pelaporan, Pimpinan Komisi III: Lapor, Kalau Ada Polisi Tidak Disiplin
Politik

Propam Luncurkan Aplikasi Pe..

14 April 2021 16:50