Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Akui PPKM Mikro Menjiplak Strategi India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 20 Februari 2021, 16:28 WIB
Jokowi Akui PPKM Mikro Menjiplak Strategi India
Presiden Joko Widodo saat berbicara di dalam pertemuan bersama sejumlah pemimpin redaksi media nasional, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, dan disiarkan kanal Youtube Sekretariat Peresiden, Sabtu (20/2)/Repro
rmol news logo Strategi pengendalian Covid-19 dengan cara Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro ternyata menjiplak apa yang dilakukan negara India.

Presiden Joko Widodo mengakui itu dalam pertemuan bersama sejumlah pemimpin redaksi media nasional, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, dan disiarkan kanal Youtube Sekretariat Peresiden, Sabtu (20/2).

Mulanya, Jokowi menyinggung efektivitas PPKM Mikro yang mampu menurunkan angka tambahan kasus positif Covid-19 harian selama seminggu belakangan ini, dan tidak lebih dari 10 ribu orang.

"Kasus aktif juga kalau kita ingat, tiga minggu lalu itu masih di angka-angka 14 ribu bahkan 15 ribu," ujar Jokowi.

"Sekarang, minggu terakhir ini sudah 8 ribu, 9 ribu selama seminggu, hanya kemarin sempat ini lagi ke 10 ribu, tapi ini menunjukan PPKM mikro ini kalau memang kita lakukan serius akan memberikan hasil," sambungnya.

Dari hasil PPKM yang cukup baik ini, akhirnya Jokowi menceritakan cara Indonesia memperoleh dan menetapkan PPKM sebagai strategi pengendalian Covid-19.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengutarakan, Indonesia melakukan komunikasi langsung kepada pihak Kementerian Kesehatan India, karena melihat angka kasus positif baru harianya bisa ditekan cukup cepat.

"Apa kuncinya? Apakah seperti yang didengar dari media-media bahwa mereka melakukan lockdown? Ndak. Ternyata mereka melakukan lockdown mikro yang dilakukan ya ini, dan dari awal-awal saya sudah sampaikan PSBB skala mikro, ini," tutur Jokowi.

"Itu yang dilakukan India, meskipun awal-awal India itu lockdown total. Sehingga kok India sekarang ganti strategi? Ternyata strateginya sama, PPKM skala mikro. Jadi itu yang kita pakai," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA