Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kampung Miliarder Borong Mobil, Ketua DPD RI Ingatkan Pentingnya Kelola Keuangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 21 Februari 2021, 16:55 WIB
Kampung Miliarder Borong Mobil, Ketua DPD RI Ingatkan Pentingnya Kelola Keuangan
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti saat meninjau Taman Pendidikan Al Quran Al Muhajirin TK Bina Mastra, Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu (21/2)
rmol news logo Aksi borong mobil yang dilakukan warga Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur usai mendapat ganti rugi pembelian tanah dari Pertamina diharapkan turut diikuti dengan kesadaran dalam mengelola keuangan.

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti khawatir bila fenomena borong mobil tidak diikuti dengan pengelolaan keuangan yang baik, tidak mengubah kehidupan ekonomi si pemilik uang.

"Tidak salah memang (aksi borong mobil), namun kita khawatir masyarakat tidak memiliki kemampuan mengelola uang sebanyak itu. Akibatnya, uang bisa cepat habis dan kehidupan ekonomi tidak berubah dari sebelumnya," kata LaNyalla dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/2).

Mantan Ketua Umum Kadin Jawa Timur menambahkan, kalau sampai masyarakat menjadi konsumtif membelanjakan barangnya untuk suatu yang tidak begitu menunjang aktivitas ekonominya, dikhawatirkan malah menjadi hura-hura.

"Dengan kata lain keuntungan itu tidak akan banyak membantu masyarakat sendiri," ujarnya.

Untuk itu, alumnus Universitas Brawijaya Malang meminta pemerintah daerah atau pihak Pertamina memberikan pendampingan pengelolaan dan manajemen keuangan produktif untuk masyarakat.

"Masyarakat yang dapat ganti untung harus diberikan pendampingan agar mereka memiliki kemampuan mengelola keuangan. Mereka harus mengelola keuangan berdasarkan kemampuannya di bidang pertanian atau usaha pengembangan pertanian yang lebih produktif dan menguntungkan," tegasnya.

Tercatat, warga Desa Sumurgeneng membeli 380 unit mobil baru dari 225 penduduk yang menerima pembayaran dari Pertamina.

"Berdasarkan info yang kita terima, aksi borong mobil masih berlanjut hingga hari ini. Media pun memberitakan 17 unit kembali dikirim ke Desa Sumurgeneng," tutup Senator asal Jawa Timur itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA