Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masalah Kewarganegaraan Belum Tuntas, Pelantikan Bupati Sabu Raijua Ditunda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 25 Februari 2021, 12:29 WIB
Masalah Kewarganegaraan Belum Tuntas, Pelantikan Bupati Sabu Raijua Ditunda
Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient P. Riwu Kore/Net
rmol news logo Pelantikan Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient P. Riwu Kore ditunda. Sedianya pelantikan ini akan digelar besok, Jumat (26/2).

Kapuspen Kementerian Dalam Negeri, Benny Irawan menjelaskan bahwa penundaan dikarenakan masalah status kewarganegaraan Orient P. Riwu Kore yang masih belum tuntas.

"Itu akan kita lakukan penundaan. Kita ingin dapat dulu nih hasil kajiannya, setelah dapat kajiannya harus jelas status kewarganegaraannya, barulah kita bisa mendiskusikan lebih lanjut dengan teman-teman yang lain,” ujar Benny kepada wartawan di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Kamis (25/2).

Teman yang lain yang dimaksud Benny adalah, KPU, Bawaslu, dan  DKPP. Termasuk pihak lain yang terkait pilkada Sabu Rijua.

Adapun saat ini, status kewarganegaraan Orient Riwu Kore masih dalam kajian Kementerian Hukum Dan HAM. Kemendagri sendiri sudah meminta kepada Kemenkum HAM untuk segera memberi hasil kajian.

"Sampai hari ini belum ada hasil kajian dari Kemenkum HAM, sehingga Kemendagri belum bisa mengambil keputusan pasti untuk melakukan pelantikannya besok," demikian Benny.

Kepala daerah terpilih sedianya akan dilantik dalam 3 tahap, pertama 26 Februari, kemudian akhir April, dan Juli 2021. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA