Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lantik 5 Kepala Daerah Baru, Ridwan Kamil Tekankan Soal Integritas Dan Keikhlasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 26 Februari 2021, 12:11 WIB
Lantik 5 Kepala Daerah Baru, Ridwan Kamil Tekankan Soal Integritas Dan Keikhlasan
Pelantikan 5 Kepala Daerah di Jabar/Repro
rmol news logo Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil resmi melantik 5 kepala daerah yang terpilih melalui Pilkada Serentak 2020 lalu di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Jumat (26/2).

Lima kepala daerah terpilih yakni Bupati/Wakil Bupati Karawang, Sukabumi, Indramayu, Pangandaran, serta Walikota/Wakil Walikota Depok.

Ridwan Kamil mengatakan, dari 8 daerah yang melaksanakan Pilkada Serentak 2020 hanya 5 daerah yang bisa melaksanakan pelantikan hari ini.

"Tiganya masih terkendala dengan jadwal dan situasi keputusan MK. Mudah-mudahan para bupati dan walikota yang dilantik sekarang segera bisa memanfaatkan waktu yang sudah hadir ini untuk membangun daerah dengan maksimal," ucap Emil, sapaan akrabnya, Jumat (26/2), dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Pada kesempatan tersebut, Emil juga memberikan 3 pesan khusus kepada kepala daerah terpilih. Pertama, menjaga integritas.

"Saya titip dalam perjalanan Bapak Ibu sebagai pemimpin kuncinya adalah innamal'amalu binniat bulatkan selalu niat-niat jadi pemimpin semata-mata memberikan kebermanfaatan pemimpin setiap hari mengambil keputusan," tutur Emil.

Emil meminta agar integritas ini harus terus dijaga. Karena menurutnya, banyak pemimpin berguguran oleh jebolnya benteng integritas.

"Oleh karena itu bangun sistem-sistem di daerah birokrasi yang membangun benteng integritas," tambahnya.

Pesan kedua, lanjut Emil, adalah melayani masyarakat dengan ikhlas sepenuh hati.

"Ada masyarakat yang paham, ada masyarakat yang susah paham, ada masyarakat yang cepat mengerti, ada yang lambat mengerti. Diperlukan kesabaran rasa sayang, apapun itu mereka adalah rakyat kita," jelas Emil.

"Jadilah pemimpin yang turun tangan bukan pemimpin yang tunjuk tunjuk tangan. Jadilah pemimpin yang memberikan solusi bukan hanya bisa meminta-minta atau memberikan hal-hal yang butuh pertolongan, kebahagiaan tertinggi adalah kepada mereka yang menolong bukan yang ditolong. Karena itu saya titip sepenuh hati harus menjadi sebuah gaya hidup para pemimpin," sambungnya.

Pesan ketiga adalah profesional. Menurut Emil, saat ini zaman sudah berubah karena hadirnya Covid-19.

"Karenanya, tidak bisa lagi menggunakan logika-logika lama menghadapi dunia pasca Covid-19. Beradaptasilah dengan segala teknologi, beradaptasilah dengan segala cara agar tetap bisa produktif tanpa mengandalkan pola-pola lama," paparnya.

Di samping itu, Emil menyebut ada 7 ekonomi di Jawa Barat yang harus direspon pasca Covid-19. Pertama yaitu menjadikan daerahnya sebagai pusat investasi.

"Karena kita bertekad menjadi salah satu provinsi juara di ASEAN," tegasnya.

Kedua menjadi wilayah Swasembada. Karena pangan adalah ekonomi yang kuat, tangguh walaupun distruksi oleh Covid-19. Untuk itu, Emil meminta kepada bupati-bupati yang lahannya masih banyak yang kosong untuk dimanfaatkan produktivitasnya.

Ketiga, fokus pada reformasi kesehatan. Karena, Covid-19 ini mengajarkan jika lemah dalam benteng kesehatan maka memporak-porandakan seluruh dimensi.

"Puskesmas tidak cukup minimal harus dua kalinya rumah sakit juga maka fokuskan dalam pencapaian reformasi kesehatan," imbuhnya.

Keempat adalah ekonomi 4.0, ekonomi digital, ekonomi hijau, dan terakhir adalah pariwisata lokal.

"Tujuh ekonomi baru ini mudah-mudahan bisa dipahami sebagai cara pandang baru. Mari kita beradaptasi dengan professional," tandasnya.

Adapun 5 Kepala Daerah yang akan dilantik hari ini adalah:

1. Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan (Pilkada Kabupaten Pangandaran).

2. Nina Agustina-Lucky Hakim (Pilkada Kabupaten Indramayu).

3. Marwan Hamami-Iyos Sumantri (Pilkada Kabupaten Sukabumi).

4. Cellica Nurrachadiana-Aep Syaepuloh (Pilkada Kabupaten Karawang).

5. Mohammad Idris-Imam Budi Hartono (Pilkada Kota Depok). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA