Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Saran Hikmahanto, Pemerintah Utus JK Dan Hassan Wirajuda Lakukan Backdoor Diplomacy Ke Myanmar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 28 Februari 2021, 14:18 WIB
Saran Hikmahanto, Pemerintah Utus JK Dan Hassan Wirajuda Lakukan <i>Backdoor Diplomacy</i> Ke Myanmar
Mantan Wapres Jusuf Kalla/Net
rmol news logo Niat Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk mengunjungi Myanmar telah dibatalkan seiring aksi protes dari para aktivis di sana. Mereka khawatir kehadiran Menlu RI justru menjadi pengakuan terhadap pemerintahan hasil kudeta.

“Padahal apa yang dilakukan oleh Indonesia merupakan upaya dari negara sahabat Myanmar,” ujar Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani, Hikmahanto Juwana kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (28/2).

Atas dasar niat baik pemerintah itu, Hikmahanto menyarankan kepada pemerintah untuk mengubah strategi. Sebab, upaya untuk memberi solusi damai bagi tetangga harus tetap dilakukan.

Gurubesar Ilmu Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) ini menyarankan agar Indonesia melakukan backdoor diiplomacy, dengan menunjuk tokoh untuk meredakan situasi di Myanmar.

Hikmahanto menyarankan tokoh dari Indonesia itu bisa mantan Wapres Jusuf Kalla atau mantan Menlu Hassan Wirayuda.

“Keduanya memiliki pengalaman yang sangat luas dalam bidang perdamaian, pemerintahan, dan proses demokratisasi,” katanya.

Menurutnya, kedua orang tersebut merupakan tokoh di Indonesia dan besar kemungkinan besar bisa diterima oleh pihak-pihak yang bertikai yaitu pemerintahan kudeta dan elemen masyarakat di Myanmar.

“Di samping itu, kedua tokoh ini memiliki kredibilitas dan pengakuan secara internasional,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA