Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Genap Setahun Pandemi, Puan Maharani: Puskesmas Ujung Tombak Vaksinasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 02 Maret 2021, 12:05 WIB
Genap Setahun Pandemi, Puan Maharani: Puskesmas Ujung Tombak Vaksinasi
Ketua DPR RI Puan Maharani/Net
rmol news logo Puskesmas memegang peranan penting dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Puskesmas yang tersebar hingga ke desa-desa merupakan ujung tombak program vaksin.

Penegasan ini disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani mengingat tepat hari ini kasus perdana corona muncul di tanah air pada setahun silam, tepatnya tanggal 2 Maret 2020.

Saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Kabat, Banyuwangi, Selasa (2/3), Puan mengatakan bahwa kini kecepatan program vaksinasi bergantung pada kesiapan Puskesmas di seluruh Indonesia.

"Kita beruntung memiliki infrastruktur Puskesmas yang andal. Seperti di Puskesmas Kabat ini, kita lihat proses vaksinasi berlangsung lancar. Tenaga kesehatan dan infrastruktur puskesmasnya sangat siap," ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga menyatakan Puskesmas menjadi agen untuk menerapkan prinsip vaksinasi yang berkeadilan.

"Lewat Puskesmas, warga di desa-desa terjangkau vaksinasi sehingga prinsip vaksinasi berkeadilan terpenuhi," ucapnya.

Kunjungan Ketua DPR RI Puan Maharani ke Puskesmas Kabat merupakan rangkaian kunjungan kerjanya di Banyuwangi, Jawa Timur.

Selain melihat proses pelaksanaan vaksinasi, Puan juga berdialog dengan tenaga kesehatan Puskesmas Kabat. Salah satu yang dibahas adalah penggunaan teknologi informasi untuk mempercepat pelayanan Puskesmas.

Banyuwangi telah menerima 34.140 dosis vaksin yang berarti setara 17.070 sasaran. Hingga saat ini, telah divaksin 11.000 sasaran, dan akan dituntaskan dalam pekan ini untuk mencapai 17.070 sasaran.

Di semua Puskesmas, vaksinasi dijalankan dengan sasaran serta tahapan sesuai ketentuan dari pemerintah pusat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA