Retribusi IMB Diduga Bocor, DPRD Minta Walikota Medan Evaluasi Anak Buahnya

Anggota DPRD Medan ketika meninjau salah satu lokasi pembangunan perumahan di Kota Medan/RMOLSumut

Ketua Komisi IV DPRD Medan, Paul Mei Anton Simanjuntak, meminta Walikota Medan Bobby Afif Nasution segera melakukan evaluasi terhadap oknum Aparat Sipil Negara (ASN) Pemkot Medan yang bermental "mafia bangunan" dan pungutan liar (pungli).

Pasalnya, Paul mensinyalir terjadi kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkot Medan bernilai miliaran rupiah setiap tahunnya dari sektor retribusi surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Tudingan Paul Simanjuntak bukan tanpa dasar. Ketika anggota Komisi IV DPRD Medan di antaranya Daniel Pinem, Sukamto, Dame Duma Sari Hutagalung, dan Edwin Sugesti Nasution melakukan peninjauan lapangan di wilayah Kota Medan, Senin (1/3), mereka menemukan sejumlah bangunan megah tanpa memiliki IMB.

Parahnya, bangunan yang tidak memiliki IMB itu mulus berdiri tanpa ada tindakan dari dinas terkait maupun Lurah dan Kepling. Bahkan, bangunan yang sudah pernah ditindak "bongkar cantik" malah kembali dibangun tanpa revisi IMB.

"Itu kan pelecehan terhadap Pemkot Medan," tegas Paul, dikutip Kantor Berita RMOLSumut.

Dituturkan Paul kepada wartawan di sela-sela peninjauan, ia berharap ada keseriusan dari Walikota Medan untuk menindak bawahannya yang tidak becus bekerja.

"Saat ini bangunan menyimpang menjamur di Kota Medan tanpa ada tindakan tegas. Bangunan menyalah sengaja 'dipelihara' untuk kepentingan prilibadi oknum," sebut Paul dengan nada kesal.

Daniel Pinem punya pandangan senada. Menurut Daniel, petugas ASN di Satpol PP Kota Medan, Dinas Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Penataan Ruang (PKPPR) Kota Medan, Lurah, dan Kepling seperti melakukan pembiaran bangunan tanpa IMB dan melanggar estetika kota.

"Perlu dilakukan evaluasi jabatan bagi yang bermental pungli di Dinas jajaran Pemkot Medan. Bangunan tanpa izin tetap berdiri dan ada kesan pembiaran," ujar Daniel.

Begitu juga dengan Sukamto yang menyebut kinerja Dinas PKPPR dan Satpol PP Kota Medan tidak maksimal dalam mengawasi pembangunan  agar terhindar pelanggaran estetika kota. Padahal kelemahan pengawasan sangat berdampak terhadap kebocoran PAD.

"Terbukti, banyak oknum yang bermental pungli untuk memperkaya diri sendiri. Pejabatnya bukan serius menata Kota Medan dan meningkatkan PAD. Hal ini harus disikapi Walikota," ucap Sukamto.

Adapun sejumlah bangunan yang ditinjau dan terbukti melakukan pelanggaran adalah bangunan di Jalan PWS No 15 Gg Budiman, Kelurahan Sei Putih Timur II, Kecamatan Medan Petisah. Bangunan berdiri kendati melanggar aturan yakni izin 1 unit dibangun 3.

Penyimpangan lain juga terlihat dengan pelanggaran roilen 1,5 meter di depan hingga ke parit.

Bukan itu saja, di Jalan Bambu ada bangunan dengan izin RTT 5 unit namun diubah menjadi gedung pertemuan sekolah. Selain itu juga pelanggaran roilen depan 4 meter bahkan tidak memiliki gang kebakaran.

Sama halnya bangunan di Jalan Kapten Muktar Basri. Bangunan yang disebut dijadikan kos-kosan dan melanggar izin seperti peruntukan dan jumlah lantai.

Peninjauan berlanjut ke bangunan di Jalan Bayangkara dan Jalan Tuasan Kel Sidorejo Hilir. Bangunan milik Amin di perumahan Tuasan Homey memiliki izin 5 namun dibangun 8.

Sama halnya bangunan di Jalan Ambai, izin 4 namun dibangun 6. Begitu juga pelanggaran roilen 4 meter di depan.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Sholat 5 Waktu - Mentari Ramadhan #4

Minggu, 18 April 2021
Video

Ketika Anies Baswedan Mempengaruhi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)

Minggu, 18 April 2021
Video

RMOL World View • Antara AS, Iran Dan Israel

Senin, 19 April 2021

Artikel Lainnya

Didambakan Tapi Sulit Jadi Kenyataan, Koalisi Poros Islam Bisa Saja Usung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar
Politik

Didambakan Tapi Sulit Jadi K..

19 April 2021 11:59
Siang Ini, Anies Akan Sampaikan LKPJ 2020 Di Rapat Paripurna DPRD DKI
Politik

Siang Ini, Anies Akan Sampai..

19 April 2021 11:48
Rizal Ramli: Marhaenisme Jadi Ideologi Keberpihakan Bung Karno Ke Petani Gurem, Kok Tega-teganya PDIP Dukung Impor Pangan?
Politik

Rizal Ramli: Marhaenisme Jad..

19 April 2021 11:44
Pemindahan Aset BUMN Ke LPI Diduga Bertentangan Asas Lex Superior Derogat Legi Inferiori
Politik

Pemindahan Aset BUMN Ke LPI ..

19 April 2021 11:43
Nabil Haroen: Kalau Larangan Mudik Mengambang Tidak Akan Efektif
Politik

Nabil Haroen: Kalau Larangan..

19 April 2021 11:13
Soal Penistaan Agama Jozeph Paul Zhang, Gus Yasin: Akibat Penafsiran Toleransi Yang Kebablasan
Politik

Soal Penistaan Agama Jozeph ..

19 April 2021 11:10
Tokoh Muda NU Ini Ikut Dipanggil Ke Istana, Terkait Reshufle?
Politik

Tokoh Muda NU Ini Ikut Dipan..

19 April 2021 10:48
Dikabarkan Ada Di Jerman, PPP Desak Kemlu-Kemenkumham Cabut Paspor Joseph Paul Zhang
Politik

Dikabarkan Ada Di Jerman, PP..

19 April 2021 10:38