Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Safari Ke Pendiri, AHY Dapat Dukungan Moril Dan Dengar Langsung Jasa SBY Untuk Demokrat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 03 Maret 2021, 16:03 WIB
Safari Ke Pendiri, AHY Dapat Dukungan Moril Dan Dengar Langsung Jasa SBY Untuk Demokrat
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono bersama para pendiri Demokrat/Net
rmol news logo Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengunjungi kediaman para pendiri Partai Demokrat pada Selasa kemarin (2/3).

AHY didampingi Sekjen Partai Demokrat, Teuku Riefki Harsya bersilaturahmi dengan pendiri Demokrat antara lain Prof Subur Budhisantoso, Umar Said, Wayan Sugiana, Ifan Pioh, Vera Rumangkang, dan Steven Rumangkang.

AHY mengatakan, pertemuan tersebut adalah inisiatif bersama untuk merespons gaduhnya suara oknum-oknum yang mengaku sebagai pendiri dan meniadakan peran Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang notabene adalah pendiri dan penggagas Demokrat.

Menurut AHY, oknum-oknum tersebut diduga merupakan gerakan bersama mantan kader dalam Gerakan Pengambilalihan Kekuasaan Partai Demokrat (GPK-PD).

"Dalam diskusi sambil makan siang bersama, saya mendengar langsung dari para tokoh tersebut bahwa klaim-klaim yang disampaikan oleh oknum-oknum tersebut tidak benar. Pak SBY adalah tokoh pendiri dan penggagas Partai Demokrat," kata AHY dalam postingan akun Instagram pribadinya @agusyudhoyono dikutip Rabu (3/3).

"Tokohnya Demokrat ya Pak SBY. Bahkan, mereka menambahkan nama partai dan warna bendera partai pun semuanya adalah ide dan inisiasi Pak SBY," imbuhnya menegaskan.

AHY menambahkan, tokoh pendiri pun menegaskan bahwa mereka mengecam gerakan GPK-PD apalagi KLB, dan mendukungnya sebagai Ketua Umum sah DPP hasil Kongres V, 15 Maret 2020 dalam mengemban amanah partai berlambang Mercy ke depan. Termasuk juga kepengurusan DPD dan DPC Demokrat saat ini.

"Terima kasih Prof Budhi, Pak Wayan, Pak Umar, Bang Ifan, Mbak Vera dan Mas Steven atas support moril untuk kami-kami semua," ucap AHY.

Menyikapi riuhnya tudingan bahwa SBY tidak ikut andil banyak pembentukan Partai Demokrat, para pendiri seperti Irfan Pioh membantah keras. Menurutnya, SBY-lah yang mencetuskan dan membentuk Partai Demokrat.

"Tercetus nama Demokrat adalah hasil diskusi panjang antara Bapak SBY dengan saya di kediaman Bapak SBY di Puri Cikeas, pada akhir Agustus tahun 2001. Dan nama Partai Demokrat diucapkan langsung oleh Bapak SBY," kata Irfan Pioh dalam pertemuan bersama AHY tersebut.

Senada, Pendiri Partai Demokrat yang lainnya, Steven Rumangkang mengatakan bahwa SBY adalah tokoh Demokrat. Bahkan, mulai dari nama, lambang, hingga warna Partai Demokrat dicetuskan oleh SBY.

"Bpk SBY memang terlibat dalam pembentukan partai, namanya pun ini Pak SBY yang memberikan Partai Demokrat. Dia bilang, bapak cerita ke saya di Amerika itu ada 2 partai Republik dan Demokrat, nah kita Demokrat. Mengenai warna juga datang dari Pak SBY," kata Steven Rumangkang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA