Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pernyataannya Soal Benci Produk Asing Dikritik, Jokowi: Gitu Aja Ramai!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 05 Maret 2021, 14:01 WIB
Pernyataannya Soal Benci Produk Asing Dikritik, Jokowi: Gitu Aja Ramai<i>!</i>
Presiden Joko Widodo dalam acara pembukaan Rapat Kerja Nasional HIPMI Tahun 2021/Repro
rmol news logo Perintah untuk Kementerian Perdagangan (Kemendag) dari Presiden Joko Widodo agar mengkampanyekan "benci produk luar negeri" mendapat kritik dari banyak pihak.

Dalam acara pembukaan Rapat Kerja Nasional HIPMI Tahun 2021, Jokowi menanggapi banyak kritikan tersebut dengan santai.

"Gitu aja rame, saya ngomong benci produk asing gitu aja ramai, boleh kan tidak suka produk asing," ujar Jokowi melalui siaran kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (5/3).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan, maksud pernyataannya tersebut memiliki tujuan untuk mengembangkan produk-produk dalam negeri.

"Kemarin saya sampaikan untuk cinta produk Indonesia, untuk bangga terhadap produk Indonesia, dan boleh saja kita ngomong tidak suka pada produk asing," tuturnya.

"Masa kita enggak boleh bilang enggak suka, kan boleh saja enggak suka pada produk asing," sambungnya.

Oleh karena itu, Jokowi menegaskan bahwa apa yang dia sampaikan adalah upaya untuk membangun loyalitas konsumen supaya bisa lebih mencintai produk dalam negeri.

"Tetapi untuk menuju loyalitas konsumen kita pada produk-produk dalam negeri memang ada syarat-syaratnya, kalau harga kompetitif tentu saja, kalau kualitasnya baik tentu saja," ucapnya.

"dari sisi produsen, harus terus memperbaiki kualitasnya, memperbaiki packagingya, memperbaiki desainnya agar bisa mengikuti tren, kita senang kalau misalnya dulu impor serat rayon, bijih plastik sekarang sudah diproduksi di dalam negeri," demikian Jokowi menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA