Aspirasi Anak Perlu Diserap Melalui Musrenbang, Terlebih Masa Pandemi Covid-19

Anggota Komite III DPD RI, Tamsil Linrung/Ist

Komite III DPD RI berpendapat untuk menyerap aspirasi anak-anak, pemerintah daerah perlu menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) anak.

Anggota Komite III DPD RI, Tamsil Linrung mengatakan, musrenbang anak merupakan bentuk tindak lanjut Peraturan Menteri (Permen) No. 12/2015 tentang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yaitu panduan partisipasi anak dalam perencanaan pembangunan.

"Perhatian publik terhadap anak kini mulai dapat kita rasakan dan disuarakan dalam Musrenbang khusus anak mulai dari tingkat kecamatan," ujar Tamsil, Jumat (5/3/2021).

"Aspirasi dan kebutuhan anak yang disampaikan dalam Musrenbang ini khususnya pada masa pandemi Covid-19," tambah senator asal Sulawesi Selatan itu.

Mantan anggota DPR RI itu menambahkan Musrenbang tercantum dalam Konvensi Hak Anak yang telah disahkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Keputusan Presiden (Keppres) No. 36/1990.

"Pada prinsipnya hak-hak anak tertuang dalam konvensi Hak-Hak Anak PBB pada 20 November 1989 dan Keputusan Presiden No36 Tahun 1990, yang substansi dalam hal perlindungan anak adalah hak mendapatkan pendidikan, hak mendapatkan perlindungan, hak mendapatkan kehidupan yang layak serta hak-haknya dalam bermain," jelasnya.

Lebih lanjut, Tamsil menjelaskan bahwa Musrenbang anak itu dilakukan untuk memberi ruang bagi anak-anak agar dapat dirumuskan ke dalam bentuk program kegiatan yang diakomodir dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), sehingga nantinya pembangunan dilaksanakan oleh pemerintah daerah untuk merespon terhadap kebutuhan anak.

"Jangan sampai hak anak tidak terpenuhi apalagi kalau justru berpindah tanggung jawab orang tua kepada anak seperti kewajiban mencari nafkah, ini membahayakan masa depan anak," tegasnya.

Tamsil berharap, dengan adanya Musrenbang anak ini dapat menjadikan anak-anak lebih percaya diri untuk turut berpartisipasi dalam perumusan kebijakan pembangunan daerah.

"Usulan yang dihasilkan pada Musrenbang anak nantinya akan diinput ke dalam sistem pemerintah daerah, yang nantinya akan dibentuk aplikasi agar bisa diteruskan ke Rencana Kerja Perangkat Daerah," imbuhnya.

Di sisi lain, Tamsil juga mengapresiasi Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Parepare yang menggelar Musrenbang Anak Tingkat Kecamatan.

"Kegiatan yang dilakukan Pemkot Parepare ini tentunya sangat memberi ruang bagi anak-anak Kota Parepare untuk menyampaikan aspirasi-aspirasinya," tuntasnya.

Bappeda Kota Parepare melibatkan forum anak menggelar Musrenbang anak tingkat kecamatan, di Hotel Pare Wisata selama dua hari, sejak 4 hingga 5 Maret 2021.

Musrenbang Anak tahun ini ketat menerapkan protokol kesehatan, dengan mengusung tema "Implementasi Suara Anak Kota Parepare di Tengah Pandemi Covid-19". Musrenbang Anak Tingkat Kecamatan ini diikuti oleh 20 peserta delegasi anak pada masing-masing kecamatan, fasilitator, dan Forum Anak.

Kolom Komentar


Video

Sholat 5 Waktu - Mentari Ramadhan #4

Minggu, 18 April 2021
Video

Ketika Anies Baswedan Mempengaruhi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)

Minggu, 18 April 2021
Video

RMOL World View • Antara AS, Iran Dan Israel

Senin, 19 April 2021

Artikel Lainnya

Didambakan Tapi Sulit Jadi Kenyataan, Koalisi Poros Islam Bisa Saja Usung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar
Politik

Didambakan Tapi Sulit Jadi K..

19 April 2021 11:59
Siang Ini, Anies Akan Sampaikan LKPJ 2020 Di Rapat Paripurna DPRD DKI
Politik

Siang Ini, Anies Akan Sampai..

19 April 2021 11:48
Rizal Ramli: Marhaenisme Jadi Ideologi Keberpihakan Bung Karno Ke Petani Gurem, Kok Tega-teganya PDIP Dukung Impor Pangan?
Politik

Rizal Ramli: Marhaenisme Jad..

19 April 2021 11:44
Pemindahan Aset BUMN Ke LPI Diduga Bertentangan Asas Lex Superior Derogat Legi Inferiori
Politik

Pemindahan Aset BUMN Ke LPI ..

19 April 2021 11:43
Nabil Haroen: Kalau Larangan Mudik Mengambang Tidak Akan Efektif
Politik

Nabil Haroen: Kalau Larangan..

19 April 2021 11:13
Soal Penistaan Agama Jozeph Paul Zhang, Gus Yasin: Akibat Penafsiran Toleransi Yang Kebablasan
Politik

Soal Penistaan Agama Jozeph ..

19 April 2021 11:10
Tokoh Muda NU Ini Ikut Dipanggil Ke Istana, Terkait Reshufle?
Politik

Tokoh Muda NU Ini Ikut Dipan..

19 April 2021 10:48
Dikabarkan Ada Di Jerman, PPP Desak Kemlu-Kemenkumham Cabut Paspor Joseph Paul Zhang
Politik

Dikabarkan Ada Di Jerman, PP..

19 April 2021 10:38