Chappy Hakim Silaturahmi Dengan Gubernur Lemhannas, Diskusi Air And Space

Ketua Pusat Studi Air Power Indonesia (PSAPI) Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim bersilaturahmi dengan Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, Jumat (5/3)/Ist

Ketua Pusat Studi Air Power Indonesia (PSAPI) Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim bersilaturahmi dengan Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, Jumat (5/3).

Sebagai alumni Lemhannas, selain bertukar pikiran mengenai perkembangan terakhir lingkungan strategis terutama masalah masalah pertahanan keamanan negara, KSAU periode 2002-2005 itu juga menjajaki kemungkinan PSAPI untuk turut serta berkontribusi "sumbang saran" kajian-kajian tentang masalah kedirgantaraan (air and space) kepada Lemhannas.

Gubernur Lemhannas menyambut baik ide tersebut serta menjelaskan bahwa saat ini Lemhannas tengah dalam proses mencoba mengembangkan diri antara lain menggeser pola metodologi, yakni dengan mentransformasikan dari metoda yang "conventional top down" menjadi lebih banyak melibatkan peserta dalam mengembangkan diri untuk berpikir kritis.

Dengan adanya transformasi tersebut, maka para peserta dapat diharapkan mempunyai pengetahuan yang lebih tinggi dan luas serta memiliki perbandingan pengetahuan, bukan hanya dari tenaga pengajar saja akan tetapi juga dari sesama peserta.

"Hal tersebut dilakukan, karena kita tengah dan tetap mengikuti derap perkembangan lingkungan strategis yang belakangan ini terlihat sekali menjadi sangat dinamis," jelas Agus Widjojo.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Wagub Lemhannas Marsdya TNI Wieko Sofyan, Kepala Biro Humas Lemhannas RI Brigjen TNI Agus Arif Fadila dan Kepala Biro Kerja Sama Hukum Laksma TNI Sri Widodo, serta Kabag Perpustakaan Lemhannas Suparmo.

Pertemuan non formal itu memang berlangsung santai di ruang perpustakaan Lemhannas, yang ditata apik, bersih dan antara lain telah dilengkapi pula dengan "Ir. Soekarno Corner" yang banyak berisi buku-buku karya Proklamator dan Presiden RI yang pertama itu.

Pada kesempatan tersebut, selesai "diskusi" yang sangat menarik, Chappy Hakim sebagai tanda terimakasih telah menyerahkan 30 buku untuk Perpustakaan Lemhannas yang sebagian besar tentang masalah masalah "defence and aviation" serta Leadership.

Mengakhiri pertemuan, Gubernur Lemhannas Letjen TNI Purn Agus Widjojo selain menyampaikan terima kasih juga telah memberikan Buku Kiprah Lemhannas RI kepada Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim.

Kolom Komentar


Video

Rekaman CCTV Kecelakaan Di Cileungsi, Mobil Box Parkir Ditabrak Mobil Box

Selasa, 20 April 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Reshuffle Kabinet: Inisial M dan Sowannya Nadiem ke Megawati

Kamis, 22 April 2021

Artikel Lainnya

Menguat, Permintaan Dari Akar Rumput Agar Yenny Wahid Jadi Ketum PKB Gantikan Cak Imin
Politik

Menguat, Permintaan Dari Aka..

23 April 2021 05:20
Doa 1/3 Malam Untuk KRI Nanggala 402
Politik

Doa 1/3 Malam Untuk KRI Nang..

23 April 2021 04:21
Kucuran Rp 134 T Tak Cukup Pulihkan Ekonomi, Gde Siriana: Minimal Rakyat Dikasih Rp 300 T
Politik

Kucuran Rp 134 T Tak Cukup P..

23 April 2021 03:44
Dukung Paul Zhang Diadili, GAMKI: Pelaku Lain Juga Harus Ditindak
Politik

Dukung Paul Zhang Diadili, G..

23 April 2021 02:53
Targetkan 11 Kursi DPR Di 2024, Nasdem Jabar Gandeng Tokoh Hingga Selebgram
Politik

Targetkan 11 Kursi DPR Di 20..

23 April 2021 02:37
Kirab Obor Paskah, Anies: Jakarta Adalah Tempat Bertemunya Keberagaman
Politik

Kirab Obor Paskah, Anies: Ja..

23 April 2021 01:20
130 Juta Masyarakat Sulit Akses Perbankan, Ketua DPD RI: BI Harus Segera Buat Terobosan
Politik

130 Juta Masyarakat Sulit Ak..

23 April 2021 00:40
DPR Ungkap Nilai Kebudayaan Bisa Jadi 'Jamu' Efek Buruk Era Digital
Politik

DPR Ungkap Nilai Kebudayaan ..

23 April 2021 00:23