Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Protokol Kesehatan Dan Vaksinasi Kunci Penting Pengendalian Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 07 Maret 2021, 09:27 WIB
Protokol Kesehatan Dan Vaksinasi Kunci Penting Pengendalian Covid-19
Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Rahmad Handoyo/Net
rmol news logo Pelaksanaan vaksinasi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dinilai berhasil menekan kasus positif Covid-19 di Tanah Air. Sebab akhir-akhir ini, kasus harian Covid-19 menunjukan tren menurun dibandingkan Januari 2021.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"PPKM pantas kita apresiasi karena menunjukan tren positif. Yang terpapar mulai menurun. Jadi saya kira PPKM cukup berhasil," kata anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Rahmad Handoyo kepada wartawan, Minggu (7/3).

Namun demikian, semua pihak tidak boleh puas diri dan jangan lengah dan terus mewaspadai penyebaran pandemi Covid-19.

“Justru PPKM yang sudah cukup bagus ini kita pertahankan. Kemudian kita anjurkan ke semua dalam setiap kesempatan bahwa protokol kesehatan harga mati, karena itu paling efektif," tuturnya.

Rahmad mengajak semua kalangan menyukseskan program vaksinasi Covid-19. Menurut dia vaksinasi akan menambah optimisme dalam mengendalikan Covid-19. Dia menilai vaksin menjadi salah satu kunci penting dalam upaya pengendalian Covid-19.

"Pertama adalah protokol kesehatan, yang kedua adalah program vaksinasi berjalan sukses, sehingga terbentuk herd immunity, sehingga kekebalan kelompok di masyarakat terbentuk. Otomatis untuk melawan Covid-19 kita semakin bisa mengendalikan," katanya.

Rahmad mengatakan, jika sudah terbentuk herd immunity, maka dampak paparan virus tidak akan terlalu parah.

“Itu maksud dan makna penggunaan vaksin. Mari kita sukseskan vaksinasi dalam menciptakan kekebalan berkelompok," ujar Rahmad.

Pemerintah sudah memutuskan memperpanjang masa PPKM berskala mikro hingga 22 Maret. Hal itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 5/2021 tentang Perberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19.

PPKM diterapkan di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan. Pelaksanaan PPKM dilakukan di daerah yang memenuhi salah satu kriteria zonasi pengendalian wilayah hingga tingkat RT.

Sedangkan program vaksinasi Covid-19, Satgas Penanganan Covid-19 mencatat vaksin tahap I telah disuntikan kepada 2.286.123 warga yang masuk kelompok prioritas atau 5,67 persen dari target. Sebanyak 1.100.228 warga Indonesia sudah divaksinasi tahap dua atau 2,73 persen dari target.

Presiden Joko Widodo meyakini Indonesia bisa mempercepat vaksinasi karena dosis vaksin terus datang. Sebanyak 4,6 juta dosis vaksin Covid-19 siap pakai produksi AstraZeneca akan tiba di Indonesia Maret ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA