Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Keyakinan Didi Irawadi, Menkumham Tidak Akan Berani Macam-macam Pada Demokrat

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 09 Maret 2021, 20:25 WIB
Keyakinan Didi Irawadi, Menkumham Tidak Akan Berani Macam-macam Pada Demokrat
Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono beserta rombongannya saat ke Kemenkumham/RMOL
Pernyataan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laolly yang menyatakan akan bersikap objektif dan profesional menangani gerakan sepihak yang diklaim sebagai Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang Sumatera Utara (Sumut) beberapa waktu lalu, disambut baik oleh DPP Partai Demokrat.

Sambutan positif itu disampaikan Kepala Departemen Luar Negeri dan Keamanan Nasional DPP Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin dalam acara Primetime Talk MetroTV pada Selasa (9/3).

"Pernyataan Pak Yasonna Laolly saya pikir itu suatu dinamika. Yang penting di sini beliau akan objektif," kata Didi.

Didi juga meyakini menteri asal PDIP itu tidak akan berani bertindak macam-macam pada partai berlambang mercy.

"Saya meyakini Menkumham Yasonna Laolly tidak akan berani macam-macam, tidak akan berani menganulir suatu hal yang menjadi keputusan hukum, konstitusi yang dilakukan tahun 2020," imbuhnya.

Atas dasar itu, Didi meyakini Yasonna Laolly akan menjaga integritasnya dengan tidak mengesahkan gerakan sepihak yang diklaim sebagai Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang Sumatera Utara (Sumut).

"Saya meyakini beliau tidak akan mempertaruhkan integritas negara," ucapnya.  

Namun, apabila Kemenkumham RI malah mengesahkan KLB ilegal, kata Didi, berarti Pemerintah telah berupaya merusak tatanan demokrasi yang telah dibangun selama ini.

"Jika Kemenkumham menerima KLB yang padahal sudah jelas yang terdaftar di Kemenkumham dan juga ada dalam lembar negara, tentu demokrasi adalah rusak, kehancuran demokrasi," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA