Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PAN Apresiasi Sikap Jokowi Yang Mau Temui Amien Rais

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 12 Maret 2021, 10:21 WIB
PAN Apresiasi Sikap Jokowi Yang Mau Temui Amien Rais
Presiden Jokowi saat memberi salam kepada pendiri PAN, Amien Rais/Net
rmol news logo Pertemuan penuh persahabatan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan rombongan pendiri PAN, Amien Rais, yang tergabung dalam Tim Pengawal Peristiwa Pembunuhan (TP3) di Istana Negara pada Selasa (9/3) diapresiasi PAN.

Kader PAN, Guspardi Gaus, bahkan memuji kenegarawanan Jokowi yang mau menerima Amien Rais cs dan mendengarkan permasalahan terkait insiden yang menewaskan enam orang laskar FPI di KM 50 Tol Japek beberapa waktu lalu.

“Sikap Presiden Jokowi yang menerima dengan tangan terbuka Amien Rais dan rombongan di Istana Merdeka harus dilihat sebagai sebuah sikap kenegarawanan yang harus dihargai dan diberikan apresiasi,” katanya kepada wartawan, Jumat (12/3).

Guspardi turut menyoroti sebuah momen saat Jokowi dan Amien Rais tertangkap kamera saling membungkuk dengan menangkupkan kedua tangan dengan maksud saling menghormati. Menurutnya, sikap itu bisa dimaknai sebagai sesuatu langkah yang sejuk dan bijaksana yang diperlihatkan Jokowi.

“Sebagai ungkapan sikap pemerintah yang mau mendengarkan asprirasi warga masyarakat dan memperlihatkan bahwa dia (Jokowi) tidak anti kritik,” katanya.

Anggota Komisi II DPR RI ini menambahkan dengan pertemuan itu, Presiden Joko Widodo menunjukkan sikap terbukanya kepada kelompok masyarakat dan elemen bangsa yang sering mengkritik dan berseberangan pendapat dengannya.

“Petistiwa ini hendaknya bisa dijadikan pelajaran yang sangat berharga. Karena dengan adanya pertemuan dan dialog dari dua kubu yang sering berseberangan tersebut akan dapat mencairkan suasana,” katanya.

Legislator dari fraksi PAN ini menambahkan bagaimanapun dalam dialog dua arah ini tentu masing-masing pihak bisa saling mengemukakan pendapat dan pandangannya secara langsung.

“Sehingga bisa membahas persoalan dengan terbuka,” imbuhnya

Politisi PAN itu berharap, sikap dan tindakan yang di perlihatkan seperti ini dapat di tiru dan ditumbuh kembangkan dalam menghadapi berbagai persoalan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara oleh berbagai elemen bangsa maupun pemerintah dalam di setiap tingkatan

“Karena bagaimanapun upaya dialog yang mengedepankan sikap saling mengakomodir dalam bingkai sikap saling menghargai dan menghormati merupakan langkah jitu dalam upaya mendapatkan solusi terbaik berbagai persoalan,” katanya.

“Pertemuan semacam ini, jelas akan sangat berarti dalam menghadapi dan menyikapi berbagai persolan yang dihadapi oleh bangsa dan negara ke depannya,” tandas Guspardi.

Mahfud mengatakan Amien Rais dkk dalam pertemuan dengan Jokowi menyampaikan bahwa terdapat temuan dari TP3 menyatakan insiden yang menewaskan 6 laskar FPI di Km 50 Tol Japek merupakan pelanggaran HAM berat. Mereka juga meminta agar kasus itu dibawa ke pengadilan HAM Internasional.

Mahfud menjelaskan bahwa dalam kasus ini Jokowi sudah memerintahkan Komnas HAM bekerja secara independen. Rekomendasi dari Komnas HAM juga sudah diterima dan tengah diproses oleh pihak berwenang.

Pemerintah, sambungnya, terbuka manakala ada bukti terjadinya pelanggaran HAM berat dalam peristiwa itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA