Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dibuka Presiden Jokowi Secara Virtual, PMII Jadi OKP Pertama Gelar Kongres Model Hybrid

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Jumat, 12 Maret 2021, 21:53 WIB
Dibuka Presiden Jokowi Secara Virtual, PMII Jadi OKP Pertama Gelar Kongres Model Hybrid
Sekjen PB PMII Sabolah Al Kalamby/RMOL
rmol news logo Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) akan melaksanakan Kongres ke XX pada tanggal 17-20 Maret 2021. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan membuka secara virtual.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar PMII Sabolah Al Kalamby menjelaskan, kongres PMII merupakan pertama digelar di level organisasi kepemudaan yang digelar secara hybrid.

Kongres akan dilaksanakan di masing-masing zona dan dilakukan secara serentak secara virtual dengan Balikpapan sebagai pusat acara.

Dijelaskan Sabolah, PB PMII telah menetapkan para pengurus di seluruh cabang se Indonesia akan dikumpulkan di 6 zona.

Enam zona tersebut adalah Kota Samarinda, Kota Bekasi, Kota Batam, Kendari, Balikpapan dan Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Persiapan sudah 90 persen, sisanya teknis. Acara 17-20 Maret, IsnyAllah dibuka presiden secara virtual," demikian kata Sabolah saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Jumat malam (12/3).

Lebih lanjut Sabolah menjelaskan, awalnya PB PMII mengajukan 4 simulasi model kongres ke Mabes Polri saat meminta izin kegiatan.

Setelah dianalisa, Mabes Polri memberi izin dengan model per zona. Argumentasinya, mencegah kerumunan dan emmatusi protokel kesehatan karena pandemi virus corona baru (Covid-19).

"Kongres secara hybrid dilaksanakan di semua zona. Yang disetujui (Mabes Polri) per zona dalam rangka mengurangi kerumunan dan mematuhi protokol kesehatan," demikian penjelasan kader asal Nusa Tenggara Barat (NTB) ini.

Sementara itu, Ketua Steering Committe Kongres XX PB PMII, Mukhtar Attijani menjelaskan, 6 zona yang akan menjadi lokasi kongres terdiri dari 6 zona dengan masing-masing mencakup beberapa kawasan.

Zona Balikpapan merupakan tempat lokasi pusat acara, Zona Samarinda akan mencakup pengurus asal Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Beberapa zona yang akan menampung pengurus pemilik suara itu, Kota Bekasi akan menjadi tempat bagi pengurus dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Banten.

Sementara Zona Batam bagi pengurus se Sumatera dan Zona Lombok bagi pengurus se Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Untuk Zona Kendari akan menjadi tempat kongres pengurus se Sulawesi, Papua dan Maluku.
Total peserta Kongres terdiri dari 229 cabang dan 25 pengurus koordinator cabang yang merupakan kepengurusan di level provinsi.
"Persiapan di masing-masing zona sudah hampir 100 persen. Kita tinggal menyiapkan teknis pelaksaan pekan depan," demikian kata Mukhtar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA