Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jadi Penjaga Gawang Perekonomian Di Saat Pandemi, Wajar Faktor Airlangga Bikin Elektabilitas Golkar Tinggi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 13 Maret 2021, 11:15 WIB
Jadi Penjaga Gawang Perekonomian Di Saat Pandemi, Wajar Faktor Airlangga Bikin Elektabilitas Golkar Tinggi
Ketua Umum Partai Golkar dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Faktor Airlangga Hartarto yang membuat elektabilitas Partai Golkar tinggi tidak bisa dinafikan dari posisinya sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) yang sangat central sebagai penjaga gawang ekonomi bangsa di saat pandemi Covid-19 ini.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Dengan segala persoalan kita akibat Covid-19. Boleh dikatakan teratasi semua di bidang perekonomian kita? misalnya kita sampai saat ini masih bisa memperoleh kebutuhan pokok dengan harga normal, dan mudah diperoleh dimana-mana. Saya kira itu suatu keberhasilan," kata Emrus kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (13/3).

Dengan demikian, kata Emrus, barometer atau ukuran bahwa elektabilitas Golkar tinggi dikarenakan faktor Airlangga Hartarto selain sebagi Ketua Umum Golkar juga posisinya sebagai Menko Perekonomian.

"Tidak sekedar masuk akal, tetapi juga secara akademik," ungkap Emrus.

Saat ini, kata Emrus, kinerja di bawah Kementrian Koordinator Perekonomian yakni Kementrian Keuangan, Ketenagakerjaan, PUPR dan Perindustrian berjalan baik, bahkan menjadi motor penggerak di masa pandemi Covid-19 ini.

"Saya kira tidak secara rasional saja (faktor Airlangga buat elektabilitas Golkar tinggi) tapi jika dibedah melalui akademis maka akan semakin terungkap. Ditambah faktor leadership beliau, jadi sangat masuk akal saya kira," tandas Emrus.

Disisi internal, Emrus menambahkan, pasca Partai Golkar dipimpin oleh Airlangga Hartarto terus melesat menjadi partai yang solid. Airlangga mampu menghimpun kekuatan-kekuatan yang ada di dalam partai belambang beringin itu.

“Terjadi konsolidasi di internal Partai Golkar secara masif, terstruktur dan sistematis. Kita lihat di dalam, faksi-faksi yang ada disana itu kini menjadi satu kesatuan,” ungkap akademisi dari Universitas Pelita Harapan ini.

Kalaupun, ada perbedaan pendapat itu hanya sebatas dialektika saja, yang menurut Emrus justru mampu dihimpun oleh Airlangga menjadi satu gagasan dari Partai Golkar dalam konteks persaingan antar sesama partai politik.

“Kita lihat Pilkada Serentak (2020) kemarin. Golkar mendapat 61 persen total kemenangan pilkada dari beberapa daerah,” ungkap Emrus.

Berdasarkan survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) Golkar mendapat 14,9 persen kedua tertinggi setelah PDIP dengan perolehan 15,2 persen. Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Pemilu Indonesia Arifin Nur Cahyono menyampaikan, program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang digawangi oleh Airlangga terbukti berperan penting menjaga perekonomian nasional menghadapi pandemi Covid.

"Melalui program-program pemulihan ekonomi yang digulirkan pemerintah, mampu menjaga daya beli di tengah pandemi," pungkas Arifin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA