Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukungan Politik Djan Faridz Akan Kembalikan Kejayaan PPP Di Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Sabtu, 13 Maret 2021, 14:37 WIB
Dukungan Politik Djan Faridz Akan Kembalikan Kejayaan PPP Di Jakarta
Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif'an/RMOL
rmol news logo Dukungan terbuka Djan Faridz atas kepemimpinan Suharso Monoarfa untuk menghadirkan kejayaan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dinilai memberi efek politik positif.

Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia (ASI) Ali Rif'an mengatakan efek politik positif dari dukungan Djan Faridz sebagai simpul faksi PPP masih perlu diuji.

Secara politik, menyatunya faksi Djan Faridz dari konteks elektoral akan memberi efek. Apalagi, Djan Faridz adalah tokoh utama faksi PPP.

"Iya bisa saja. Karena walaupun bagaimana, Djan sebagai tokoh utama faksi di PPP, dia punya basis," demikian kata Ali Rif'an kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (13/3).

Lebih lanjut, Magister Politik Universitas Indonesia ini menganalisa dengan bergabungnya Djan Faridz selain menambah kekuatan politik juga akan menambah dukungan logistik untuk pemenangan partai.

Ali Rif'an juga menyebutkan, dengan menyatunya figur politik seperti Djan Faridz, PPP akan dapat merebut kejayaan Partai Kakbah di DKI Jakarta.

"Masuknya Djan positif karena selain menyatukan kekuatan, dukungan logistik untuk PPP juga makin kuat," demikian kata mantan Manajer Riset Poltracking ini.

Meski demikian, Ali menyarankan, sebagai salah satu partai berbasis massa Islam, PPP harus memiliki diferensiasi pemilih kuat ketimbang partai lainnya.

"Perlu melakukan rebranding, juga malakukan mapping ceruk suara yang ditarget. Gen Z dan milenial perlu jadi target karena di tahun 2024 jadi ceruk pemilih paling dominan," demikian kata Ali Rif'an.

Dalam pemilihan legislatif (Pileg) 2019 lalu DPRD DKI kehilangan 9 kursi. Partai Kakbah yang biasanya selalu mendapatkan banyak kursi harus menikmati satu kursi yang bisa berkantor di Gedung DPRD DKI jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA