Farah.ID
Farah.ID

Menag Harus Tingkatkan Diplomasi Untuk Dapatkan Kepastian Penyelenggaraan Haji 2021

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 15 Maret 2021, 15:14 WIB
Menag Harus Tingkatkan Diplomasi Untuk Dapatkan Kepastian Penyelenggaraan Haji 2021
Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto/RMOL
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, didorong untuk bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri RI dan Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan ibadah haji 2021.

Begitu disampaikan Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto, dalam Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI bersama Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Perhubungan, di Gedung Parlemen, Senin (15/3).

"Komisi VIII DPR RI mendukung Menteri Agama RI untuk bekerjasama dengan Kemenlu dan Dubes RI untuk Arab Saudi, memaksimalkan diplomasi secara formal maupun nonformal," ujar Yandri.

Politikus PAN ini menuturkan, memaksimalkan diplomasi ini penting guna memperoleh kepastian terkait penyelenggaraan ibadah haji. Termasuk kepastian alokasi kuota bagi jemaah haji Indonesia.

Tak hanya itu, Komisi VIII juga mendorong Menag untuk meningkatkan koordinasi dengan Kemenhub dalam melakukan persiapan penyelenggaraan ibadah haji khususnya di bidang transportasi.

"Untuk memastikan aspek keamanan dan kenyamanan bagi jemaah haji," ucapnya.

Menag juga diharapkan melibatkan peran Kantor Wilayah Kementerian Agama dalam hal pemanggilan calon jemaah haji yang akan divaksin.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA