Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berharap PON XX Beri Manfaat Bagi Orang Asli Papua, Stafsus Jokowi Ajukan 4 Usulan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 16 Maret 2021, 08:44 WIB
Berharap PON XX Beri Manfaat Bagi Orang Asli Papua, Stafsus Jokowi Ajukan 4 Usulan
Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Billy Mambrasar/Net
rmol news logo Setelah sempat tertunda, pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI di Provinsi Papua, akhirnya bakal digelar tahun ini. Rencananya perhelatan besar olahraga nasional ini akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021.

Kepastian ini membuat Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Billy Mambrasar, mengaku bangga. Sebagai orang asli Papua, Billy ikut bangga karena tanah kelahirannya akan menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di Indonesia.

“Komitmen Pak Jokowi untuk terus melanjutkan PON sangat besar," kata Billy usai mengikuti rapat terbatas terkait PON 2021 yang dipimpin Presiden Jokowi yang dikutip Kantor Berita RMOLJakarta, Selasa (16/3).

"Pak Jokowi ingin agar kegiatan ini dapat mendorong percepatan pembangunan di Provinsi Papua dan Papua Barat. Ini tentunya merupakan berita baik bagi masyarakat Papua," sambungnya.

Billy menambahkan, sebelum rapat terbatas ia memberikan 4 usulan untuk memaksimalkan manfaaat PON untuk Papua, khususnya masyarakat asli Papua.

“Usulan pertama yaitu menggunakan atlet senior maupun junior sebagai duta atlet untuk mempromosikan PON 2021 melalui media elektronik maupun cetak secara massif," tutur Billy.

Duta atlet Papua yang terpilih tentu saja adalah mereka yang berbakat dan telah diseleksi ketat.

"Melalui PON 2021 ini, atlet senior secara simbolik akan meneruskan semangatnya kepada atlet junior, agar kejayaan prestasi mereka dapat diteruskan," tambahnya.

“Usulan kedua yaitu melibatkan wirausaha muda Papua yang memiliki produk atau jasa yang relevan dengan PON 2021, didorong untuk menjadi penyuplai, sehingga bisnis berkembang dan secara umum akan menyerap tenaga kerja baru," saran Billy.

Sementara usulan ketiga yaitu mengiklankan komoditas lokal untuk dikenang dari PON 2021, seperti kopi, cokelat, dan tempat wisata.

Sedangkan usulan keempat yaitu menyusun daftar lokasi wisata, mempromosikan, dan menggandeng para pemangku kepentingan seperti investor, untuk ikut membangun agar nantinya diberikan promosi yang sifatnya massif dan meluas.

"PON Papua harus dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Papua dan Papua Barat," ujar Billy.

Billy juga berharap agar venue, bangunan, dan infrastruktur pendukung PON 2021 dapat dipergunakan untuk keperluan yang bermanfaat bagi masyarakat. Misalnya untuk memberikan pelayanan publik yang dapat memberikan dampak ekonomi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA