Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertemuan Airlangga-Prabowo Bisa Wujudkan Koalisi Besar Di 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 16 Maret 2021, 15:56 WIB
Pertemuan Airlangga-Prabowo Bisa Wujudkan Koalisi Besar Di 2024
Pertemuan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Hambalang/ Galeri RMOL
rmol news logo Pertemuan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dengan sejumlah pimpinan partai politik di tahun 2021 ini berpotensi menghasilkan koalisi besar jelang Pilpres 2024.

Terbaru, Airlangga menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di kediaman Prabowo di Hambalang, Bogor, Sabtu (13/3).

Peneliti Litbang Kompas, Yohan Wahyu menilai, pertemuan antara ketum parpol ini menjadi peluang dibangunnya koalisi besar pada Pilpres 2024.

Terlebih, Partai Golkar memiliki bergaining besar dengan modal yang cukup kuat. Kemenangan Golkar di 60 persen Pilkada 2020 lalu menjadi salah satu modal kuat menghadapi Pemilu 2024.

Pengalaman Golkar menjadi motor Koalisi Merah Putih di 2014 itu juga menjadi bukti partai berlambang Pohon Beringin masih menjadi sentral kekuatan politik.

"Jika cukup serius di tahun 2024, saya pikir Golkar berpotensi membuat koalisi besar. Mereka punya kekuatan teritori, di mana Golkar memiliki sistem dan struktur partai yang telah mengakar, sehingga menjadi modal untuk merajut koalisi besar dan memimpin koalisi di 2024," jelas Yohan kepada wartawan, Selasa (16/3).

Di sisi lain, Wakil Ketua DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia menyebut, pertemuan Airlangga dengan sejumlah ketum parpol lain sebagai silaturahmi elite yang biasa dilakukan.

“Komunikasi dan silaturahmi elite ini menjadi satu bagian penting untuk menjaga dan mendukung pemerintah. Terlebih di masa pandemi ini, kekompakan serta solidaritas antarelite, partai politik, dan pemerintah itu penting untuk secara bersama-sama keluar dari krisis ini,” ujar Doli beberapa waktu lalu.

Adapun pertemuan dengan Prabowo menjadi rangkaian silaturahmi politik Airlangga di tahun 2021. Sebelum bertemu dengan Prabowo, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu juga tercatat sudah bertemu Ketum Nasdem, Surya Paloh pada pertengahan Februari lalu. Lalu, pertemuan juga dilakukan Airlangga dengan Ketum PPP Suharso Monoarfa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA