Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Depan Dubes India, Sandiaga Pamer Desa Wisata Berkelanjutan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 17 Maret 2021, 21:02 WIB
Di Depan Dubes India, Sandiaga Pamer Desa Wisata Berkelanjutan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dan Dubes India untuk Indonesia, Shri Manoj K Bharti/Repro
rmol news logo Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menggelar pertemuan langsung dengan Duta Besar India untuk Indonesia, Shri Manoj K Bharti.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari rapat virtual yang dilakukan keduanya pada 25 Februari lalu. Pertemuan keduanya dilakukan di Desa Jatiluwih, Tabanan, Bali, Rabu (17/3).

Dalam pertemuan itu, Sandiaga memamerkan desa wisata berkelanjutan yang menjadi program unggulan Kemenparekraf dalam memulihkan pariwisata nasional serta membuka lapangan kerja.

"Pagi ini sesuai janjinya, beliau hadir langsung di Pulau Bali. Tepatnya di Desa Jatiluwih, Kabupaten Tabanan di mana kami sedang kembangkan 177 desa wisata berkelanjutan," kata Sandiaga.

Dalam rapat itu, Sandiaga dan Shri Manoj membahas sejumlah persoalan. Antara lain, rencana pembukaan kembali pariwisata Bali dengan menerapkan konsep Travel Corridor Arrangement atau dikenal dengan Travel Bubble.

Selain itu, keduanya juga membahas penerbangan langsung dari India ke Indonesia, begitu pula rute sebaliknya yang saat ini belum tersedia.

"Angka wisatawan India menuju Indonesia, terutama Jakarta dan Bali sangat besar. Di 2019 angkanya mencapai setengah juta. Dengan adanya penerbangan langsung,diharapkan akan membawa keuntungan bagi sektor pariwisata kedua negara," terangnya.

Isu tentang adaptasi teknologi dan digital untuk pengembangan pariwisata dan menggeliatkan UMKM sektor ekonomi kreatif juga mengemuka dalam pertemuan tersebut.

Sandiaga yang juga Wakil Ketua Dewan Gerindra melihat, teknologi di India sudah cukup mumpuni dan bisa diadaptasi di Indonesia.

"Kami berharap hubungan Indonesia dan India akan semakin kuat demi kemajuan kedua negara yang sudah menjadi sahabat sejak zaman kemerdekaan," demikian Sandiaga. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA