Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Bongkar Perbincangannya Dengan Menhub Di Telepon Soal Pembangunan Bandara Tana Toraja

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 18 Maret 2021, 13:30 WIB
Jokowi Bongkar Perbincangannya Dengan Menhub Di Telepon Soal Pembangunan Bandara Tana Toraja
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bandara Tana Toraja dan Bandara Pantar di Sulawesi Selatan, Kamis (18/3)/Repro
rmol news logo Bandara Buntu Kunik yang ada di Tana Toraja, Sulawesi Selatan baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo pada Kamis hari ini (18/3).

Proses pembangunan bandara tersebut ternyata menyita perhatian Jokowi selama belum dirampungkan oleh Kementerian Perhubungan sebagai penanggung jawab program.

Dalam acara peresmian, Jokowi membongkar cerita di balik pembangunan Bandara Tana Toraja ini. Di mana, dia mengaku sering menelpon Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi untuk menanyakan perkembangannya dalam kurun waktu tertentu.

"Hampir setiap enam bulan selalu saya tanyakan kepada Menteri Perhubungan, kapan bandara di Tana Toraja ini selesai. Kok enggak rampung-rampung," ucap Jokowi di lokasi peresmian Bandara Tana Toraja, Sulawsi Selatan yang dikutip melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Dalam sambutannya, Budi Karya Sumadi juga mengakui sering ditelepon oleh Presiden Jokowi yang menanyakan perkembangan proses pembangunan Bandara Tana Toraja.

"Saya selalu ditanya Bapak Presiden (Joko Widodo) bagaimana perkembangannya. Dan alhamdulillah kita bisa melaksanakan dengan baik," kata Budi Karya Sumadi.

Meski begitu, Jokowi mengucapkan rasa syukur karena Bandara Tana Toraja sudah bisa dioperasikan dengan luasan run way sepanjang 2.000 meter dengan fasilitas terminal yang mampu menampung penumpang hingga 35 ribu orang per tahun.

"Dan akhirnya hari ini bisa kita resmikan dan sudah beroperasi. Kita patut bersyukur dan alhamdulillah," demikian Joko Widodo.

Dalam kujungan kerja ke Sulawesi Selatan hari ini, Jokowi tidak hanya meresmikan Bandara Tana Toraja, tapi secara simbolis juga meresmikan Bandara Pantar yang terletak di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jokowi hadir ditemani Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Sekretariat Negara Pratikno dalam acara peresmian ini. Serta, turut hadir Plt Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman dan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, dan sejumlah bupati di dua provinsi tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA