Farah.ID
Farah.ID

Pesan Habib Salim, Kepala Daerah PKS Harus Dengar Langsung Uneg-uneg Orang Miskin

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 21 Maret 2021, 10:30 WIB
Pesan Habib Salim, Kepala Daerah PKS Harus Dengar Langsung Uneg-uneg Orang Miskin
Ketua Majelis Syura PKS Habib Salim Segaf Al Jufri/Net
Kepala daerah dari PKS harus memperhatikan tiga hal ketika menjadi seorang pemimpin. yakni transparan, inovasi dan adil.

Pesan ini disampaikan langsung Ketua Majelis Syura PKS Habib Salim Segaf Al Jufri ketika memberikan arahan dalam penutupan Silaturahim Nasional Kepemimpinan Daerah di Jakarta, Sabtu (20/3) malam.

Habib Salim Segaf menegaskan bahwa  pengelolaan anggaran di daerah wajib dikelola secara jujur dan transparan.

"Kelola dengan hati-hati, harus jujur dan amanat mengelola anggaran rakyat. Jangan main-main,” ujar Habib Salim Segaf.

Atas alasan itu, dia juga meminta agar kepala daerah melakukan inovasi dalam pengelolaan pemerintahannya. Jalannya pemerintahan yang inovatif berorientasi pada kemudahan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

"Mudahkan masyarakat dalam memberikan layanan. Dulu saat di Kementerian Sosial kita buka layanan satu atap. Semua persoalan pendidikan, kemiskinan dan sosial semuanya ada disitu. Mudahkan masyarakat," katanya.

Terakhir, Habib Salim Segaf mengingatkan soal melaksanakan kepemimpinan yang adil. Habib Salim Segaf mengibaratkan pemimpin daerah adalah seorang bapak dan rakyatnya adalah sang anak.

"Tidak mungkin seorang bapak mau mencelakakan anaknya. Tidak mungkin berbuat zalim, tidak mungkin rakyat diperlakukan begitu," tutur dia.

Habib Salim secara khusus meminta agar pemimpin daerah lebih banyak mendengarkan kaum miskin dan menolong mereka.

"Sebulan sekali kumpulkan dan hadirkan orang miskin. Dengarkan uneg-uneg mereka langsung tanpa perantara. Kapan lagi orang-orang miskin bisa hadir dan menyampaikan aspirasi langsung kepada pemimpin jika tidak diberi kesempatan?” tutupnya.

ARTIKEL LAINNYA