Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komisi I DPR Dorong ASEAN High Level Meeting Untuk Myanmar Segera Direalisasikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 22 Maret 2021, 08:59 WIB
Komisi I DPR Dorong ASEAN High Level Meeting Untuk Myanmar Segera Direalisasikan
Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani/Net
rmol news logo Komisi I DPR RI mengapresiasi adanya usulan Indonesia melalui pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mendorong dilaksanakannya ASEAN High Level Meeting (HLM) untuk Isu Myanmar.

Karena itu, Indonesia dituntut untuk lebih berperan aktif lagi dalam mendorong upaya-upaya penyelesaian secara damai dengan segera merealisasikan ASEAN HLM.

Demikian disampaikan anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani kepada wartawan, Senin (22/3). 

"Kami di Komisi I DPR-RI mengapresiasi adanya usulan Indonesia melalui pernyataan Presiden Joko Widodo yang mendorong dilaksanakannya Asean High Level Meeting," kata Christina.

"ASEAN High Level Meeting untuk isu Myanmar perlu segera direalisasikan," imbuhnya.

Selain itu, Komisi I DPR RI juga mendorong Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) agar mulai melakukan langkah-langkah konkret sehingga arahan Presiden Jokowi terkait upaya perdamaian di Myanmar bisa segera dilaksanakan.

"Kami mengapresiasi upaya-upaya keras yang sudah dilakukan Menlu Retno selama ini, yang bisa menjadi modal utama membangun diplomasi di tingkat ASEAN agar High Level Meeting (HLM) bisa segera terealisasi," tuturnya.

Menurut politikus muda Partai Golkar itu, langkah ASEAN sangat ditunggu-tunggu bukan saja oleh masyarakat Myanmar yang mendorong demokratisasi tetapi juga oleh dunia internasional. Oleh karenanya, inisiatif tersebut perlu ditindaklanjuti sesegera mungkin.

"Termasuk jika diperlukan HLM bisa dilanjutkan dengan ASEAN Summit," ujarnya.

Bagi Indonesia, kata Christina, keselamatan rakyat Myanmar menjadi concern utama. Termasuk stabilitas dan perdamaian kawasan di Asia Tenggara yang juga menjadi kepedulian utama ASEAN.

Dalam kerangka ini, Indonesia perlu terus terlibat menyuarakan dan mengupayakan terselenggaranya dialog guna mendapatkan penyelesaian terbaik bagi rakyat Myanmar.

"Sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945, kita harus senantiasa terlibat dalam menjaga dan melaksanakan ketertiban dunia," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA