Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Stafsus Milenial Jokowi Juga Gagal Serap Aspirasi Anak Muda Untuk Revisi UU ITE

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 22 Maret 2021, 09:42 WIB
Stafsus Milenial Jokowi Juga Gagal Serap Aspirasi Anak Muda Untuk Revisi UU ITE
Presiden Joko Widodo saat mengajak stafsus milenialnya melakukan kunjungan kerja ke Subanga, Jawa Barat, November 2019/Net
Bukan hanya Presiden Joko Widodo yang gagal menyerap aspirasi anak muda, Staf khusus (Stafsus) Presiden dari kalangan milenial juga dianggap gagal melaksanakan tugasnya.

Hal itu disampaikan oleh pengamat sosial politik, Muslim Arbi, atas hasil survei Indikator Politik Indonesia yang memperlihatkan bahwa 53,7 persen anak muda setuju UU ITE direvisi.

"Jelas, batalnya revisi UU ITE ini dapat dianggap sebagai salah satu kegagalan Jokowi menyerap aspirasi anak muda dan aspirasi publik," ujar Muslim kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (22/3).

"Dan Stafsus yang milenial yang muda-muda itu juga gagal lakukan tugasnya," sambungnya.

Selain itu, Muslim juga menilai, gagalnya revisi UU ITE menunjukkan bahwa Jokowi gagal merawat demokrasi dan perbedaan pendapat, termasuk dalam mengelola negara.

"Akibat dari kegagalan revisi UU ITE itu, publik dan terutama anak-anak muda milenial akan ketakutan lontarkan pikiran dan pendapat kritis untuk perbaikan negeri," jelasnya.

"(Karena) Perbedaan pendapat dan kritik-kritik cerdas terhadap rezim, bisa-bisa berakhir di balik jeruji. Iklim demokrasi pasti mati. Dan rezim semakin mengerikan," pungkas Muslim.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA