Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Eks Caleg Gerindra Kembali Dipanggil Jadi Saksi Edhy Prabowo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 23 Maret 2021, 11:18 WIB
Eks Caleg Gerindra Kembali Dipanggil Jadi Saksi Edhy Prabowo
Lambang KPK/RMOL
rmol news logo Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil mantan caleg Partai Gerindra, Syammy Dusman sebagai saksi kasus dugaan suap izin ekspor benih bening lobster (BBL), Selasa (23/3).

Dalam agenda pemeriksaan, keterangan untuk Syammy Dusman hanya ditulis sebagai karyawan swasta. Syammy sendiri merupakan pernah menjadi caleg dari Partai Gerindra di tahun 2014.

Selain Syammy, penyidik juga memanggil seorang saksi lainnya. Yaitu, Paul O Gurusinga selaku karyawan swasta.

"Yang bersangkutan dipanggil sebagai saksi untuk tersangka EP (Edhy Prabowo)" ujar Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri kepada wartawan, Selasa siang (23/3).

Syammy Dusman sendiri sebelumnya juga sudah menjalani pemeriksaan sebagai saksi pada Senin (1/3).

Saat itu, Syammy didalami pengetahuannya terkait dugaan aliran sejumlah uang yang dibagikan oleh Edhy ke berbagai pihak yang sumber uangnya diduga berasal dari para eksportir benur.

Pada Senin (22/3), penyidik telah memeriksa Kepala Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Jakarta I Soekarno-Hatta, Habrin Yake dan Kepala Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Rina.

"Pada yang bersangkutan masing-masing dilakukan penyitaan berbagai dokumen yang diantaranya terkait dengan Bank Garansi senilai Rp 52,3 miliar yang diduga dari para eksportir yang mendapatkan izin ekspor benih bening lobster di KKP tahun 2020," kata Ali, Senin malam (22/3).

Sementara itu, penyidik juga telah melakukan penyitaan satu unit mobil yang diduga milik tersangka Andreau Misanta Pribadi. Mobil itu disita dari Robinson Paul Tarru selaku pengacara yang telah diperiksa pada Jumat (19/3). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA