Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Puan Maharani: RUU PKS Bukti DPR Menyerap Aspirasi Perempuan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 23 Maret 2021, 17:11 WIB
Puan Maharani: RUU PKS Bukti DPR Menyerap Aspirasi Perempuan
Ketua DPR RI Puan Maharani/Net
rmol news logo Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) sebagai bukti keberpihakan kepada perempuan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal tersebut disampaikan Puan selepas rapat paripurna pengesahan Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2021 serta Prolegnas RUU Perubahan Tahun 2020-2024 di Gedung DPR, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Selasa (23/3).

"Penyerapan aspirasi publik selalu menjadi pertimbangan utama DPR dalam menetapkan RUU prioritas dalam Prolegnas 2021. Keinginan publik dipertimbangkan untuk kemudian dilakukan kajian mendalam terkait pro dan kontranya sebelum RUU tersebut masuk dalam Prolegnas Prioritas tahun ini," kata Puan.

Dia menambahkan, DPR menyerap aspirasi perempuan dengan digaungkannya RUU PKS guna memberikan perlindungan kepada kaum hawa.

"Terkait masuknya RUU Penghapusan Kekerasan Seksual, ini memperlihatkan betapa DPR juga menyerap aspirasi kelompok sipil perempuan yang ingin mendapatkan perlindungan dari negara terhadap kejahatan kekerasan seksual,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, RUU PKS memang turut masuk dalam RUU Prolegnas Prioritas Tahun 2021. RUU ini sebenarnya sudah diusulkan oleh Komnas Perempuan sejak 2012 namun baru masuk prioritas prolegnas saat ini.

Berbagai kelompok sipil perempuan sebelumnya terus mendorong RUU PKS masuk ke dalam Prolegnas Prioritas Tahun 2021. RUU ini disebut akan menjadi payung hukum yang memberi perlindungan di tengah maraknya kasus kekerasan seksual di Indonesia.

Menurut data Komnas Perempuan, terjadi 432.471 kasus kekerasan seksual selama 2019. Komnas Perempuan juga menyampaikan bahwa kasus kekerasan seksual naik 792 persen selama 12 tahun terakhir dan sebanyak 3 perempuan Indonesia alami kekerasan seksual dalam setiap 2 jam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA