Farah.ID
Farah.ID

Terapkan E-TLE, Anggota Komisi III PKB: Berdampak Kepada Kepercayaan Publik

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 23 Maret 2021, 21:15 WIB
Terapkan E-TLE, Anggota Komisi III PKB: Berdampak Kepada Kepercayaan Publik
Salah satu kamera E-TLE yang telah terpasang di jalan/Net
Anggota Fraksi PKB DPR RI Komisi III dari Partai Kebangkitan Bangsa, Heru Widodo apresiasi kerja cepat Kapolri melaksanakan salah satu program kerja yang dijanjikan saat Fit And Profer Test di DPR RI.

Adanya E-TLE kata Heru sangat membantu Kepolisian meningkatkan kepercayaan publik. Potensi penyalahgunaan wewenang dengan adanya e-TLE kata Heru akan sangat bisa diminimalisasi,

“Ini jelas berdampak kepercayaan publik kepada Kepolisian, karena memang selama ini banyak juga aduan publik soal penyalahgunaan wewenang di jalan oleh oknum Polisi,” kata Heru dalam keteranganya, Selasa (23/3).  

Heru berpesan, agar penerapan E-TLE diperluas ke daerah-daerah yang sudah support system dan cara kerja tilang elektronik.

“Melalui Parlemen kita support kerja-kerja positif Kapolri, system tilang elektronik ini jangan hanya di kota-kota besar saja, kan baru ada di 12 Polda. Kedepan harus bisa merata di Indonesia,” ujarnya.

Peran polisi satuan lalu lintas juga kata Heru tetap tidak akan tergantikan karena adanya E-TLE,

“Tingkatkan juga kapasitas SDM kepolisian, khususnya satlantas. Sistem ini juga perlu support SDM tidak bisa jalan sendiri,” pesan Heru.

Soal sosialisasi lanjut Heru juga harus menjadi perhatian Kapolri. Agar masyarakat terinformasi terkait alur dan cara kerja E-TLE tersebut.

Adapun 244 kamera E-TLE yang tersebar di 12 Polda jajaran, rinciannya 98 titik Polda Metro Jaya, 56 titik Polda Jawa Timur, 21 titik Polda Jawa Barat, 16 titik Polda Sulawesi Selatan, 11 titik Polda Sulawesi Utara, 10 titik Polda Jawa Tengah, 10 titik Polda Sumatera Barat, 8 titik Polda Jambi, 5 titik Polda Lampung, 4 titik Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, 4 titik Polda Riau, dan 1 titik Polda Banten.

EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA