Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wanti-wanti, Jamaah Calon Haji 2021 Harus Segera Divaksin Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 25 Maret 2021, 12:37 WIB
Wanti-wanti, Jamaah Calon Haji 2021 Harus Segera Divaksin Covid-19
Kabah, Arab Saudi/Net
rmol news logo Kementerian Kesehatan dan Kementerian Agama diminta untuk berkoordinasi terkait pemberian vaksin Covid-19 untuk para jamaah calon haji yang akan berangkat pada tahun 2021 ini.

"Pemerintah melalui kementerian terkait harus segera memvaksin para calon jamaah haji yang akan berangkat pada 2021. Ini sebagai persiapan pemerintah dalam menyambut musim haji tahun ini," kata Wakil Ketua Komite III DPD RI HM. Fadhil Rahmi, Kamis (25/3).

Jelas senator asal Aceh itu, meskipun status pelaksanaan ibadah haji untuk 2021 masih menunggu keputusan dari Kerajaan Arab Saudi, tapi perlu persiapan.

"Ada beberapa pertimbangan mengapa vaksin harus disegerakan. Pertama, total jamaah yang ratusan ribu dan mayoritas adalah lansia yang tentu memerlukan pengecekan kesehatan pra divaksin dan butuh waktu pasca vaksin untuk vaksin kedua. Selanjutnya, surat keterangan sudah divaksin bisa jadi syarat masuk ke Saudi Arabia. Nah, saat syarat ini diminta, maka para jamaah haji asal Indonesia sudah memilikinya," kata Syech Fadhil, sapaan akrabnya.

Jadi, mengingat waktu yang kian mepet, vaksin harus disegerakan. Apalagi jumlah calon jamaah haji yang tidak sedikit.

"Selama ini vaksinasi diperuntukan bagi tenaga kesehatan, para pelayan publik serta tokoh agama/tokoh masyarakat. Namun untuk jamaah calon haji masih terabaikan," kata mantan ketua Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh itu.

Menurut pimpinan komite yang membidangi Agama dan Kesehatan ini, pemerintah tidak boleh abai dengan jamaah calon haji asal Indonesia.

"Jangan sampai nanti baru terkejut jelang hari H. Lebih baik bersiap sedini mungkin dari pada para jamaah batal berangkat karena tidak cukup waktu untuk divaksin," ujar Syech Fadhil lagi.

"Bagus beberapa daerah sudah menginisiasi vaksinasi kepada jamaah haji, seperti Nagan Raya di Aceh. Tapi kita ingin ini menjadi kebijakan prioritas nasional sebagai antisipasi dan persiapan apabila haji 2021 jadi," ucapnya menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA