Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Pengganti Megawati, Senior PDIP: Organisasi Kami Unik, Sesuai Kultur Hierarki

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 26 Maret 2021, 16:27 WIB
Soal Pengganti Megawati, Senior PDIP: Organisasi Kami Unik, Sesuai Kultur Hierarki
Politisi senior PDIP Hendrawan Supratikno/Net
rmol news logo Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) terkait pergantian Ketua Umum.

Di dalam AD/ART PDIP, pemilihan Ketua Umum merupakan hak prerogatif Megawati Soekarnoputri yang juga memperhatikan kultur organisasi, terpimpin (hierarkis).

Begitu disampaikan politisi senior PDIP Hendrawan Supratikno kepada wartawan, Jumat (26/3).

"Kami di PDIP tidak risau dengan urusan suksesi, karena dalam AD/ART jelas, itu hak prerogatif Ketua Umum petahana untuk menentukannya. Ketentuan tersebut dibuat sesuai dengan kultur organisasi kami yang unik, terpimpin (hirarkis) dan tegak lurus terhadap ideologi partai," ujar Hendrawan.

Menurut Hendrawan, semua pihak sedianya tidak usah meributkan tentang siapa sosok yang bakal menggantikan puteri proklamator itu dalam memimpin PDIP. Sebab, semuanya sudah diatur dalam AD/ART partai dengan kearifan tingkat tinggi.

"Jadi tidak usah diributkan. Semua sudah diatur/ditata dengan kearifan tingkat tinggi," tuturnya.

"Berpuluh-puluh tahun ini Ibu Ketum sudah tahu mana emas mana loyang, mana gandum mana ilalang," demikian Hendrawan.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sebelumnya mengaku legawa jika kelak tidak lagi menjabat sebagai Ketua Umum PDIP.

Menurut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang juga kader PDIP, menilai Megawati sudah menyiapkan kader terbaik sebagai sosok penggantinya kelak.

"Bu Mega mengeluarkan pernyataan seperti itu tentunya sudah berpikir matang dan sudah menyiapkan sistem kaderisasinya. Saya kira Bu Mega sudah menyiapkan kader-kader terbaiknya," kata Ganjar Pranowo di sela acara kunjungan Menkeu Sri Mulyani di Kabupaten Kendal, Kamis (25/3).

Ganjar mengatakan jika kader-kader terbaik dari PDIP yang telah disiapkan Megawati Soekarnoputri. Sosok terbaik itu bisa dari anak biologis maupun kader atau anak-anak ideologis Megawati.

"Kader-kader yang disiapkan Megawati kan bisa dari anak-anak biologis seperti Mbak Puan (Puan Maharani) dan Mas Nanan (Mohamad Prananda Prabowo) yang juga sangat aktif di partai. Selain itu juga banyak kader anak-anak ideologis yang juga disiapkan. Saya yakin Bu Mega sudah menyiapkan," kata dia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA