Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AstraZeneca Terancam Diembargo, Pimpinan Komisi IX: Jawabannya Vaksin Dalam Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 26 Maret 2021, 23:35 WIB
AstraZeneca Terancam Diembargo, Pimpinan Komisi IX: Jawabannya Vaksin Dalam Negeri
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena/Net
rmol news logo Kabar vaksin AstraZeneca yang akan diembargo Eropa harus benar-benar diantisipasi pemerintah dalam negeri yang juga menggunakan vaksin buatan Inggris tersebut.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena menyampaikan, kabar yang sebelumnya disampaikan Mneteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin tersebut perlu dicari alternatif, agar vaksinasi tidak diintervensi pihak manapun, termasuk negara lain.

“Perlu mulai memikirkan produksi vaksin dalam negeri. Untuk itu, percepatan pengembangan sampai produk jadi dan penggunaan vaksin dalam negeri, yaitu vaksin Nusantara dan vaksin Merah Putih harus menjadi konsentrasi dan perhatian pemerintah hari ini,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (26/3).

Menurutnya, apapun caranya pemerintah harus memikirkan untuk mulai memproduksi vaksin dalam negeri karena vaksin dari luar negeri kondisinya masih sangat labil. Baik itu menyangkut ketersediaan maupun suasana sosial, ekonomi-politik.

"Yang paling mungkin kita kerjakan adalah fokus pengembangan vaksin dalam negeri, ini alternatif yang paling mungkin. Dengan fokus kepada pengembangan vaksin dalam negeri, kita sendiri bisa menjawab kebutuhan situasi dalam negeri,” ujar politisi Partai Golkar ini.

“Dan tentu kita berharap agar apabila vaksin yang dihasilkan dalam negeri ini sudah betul-betul memadai, kita bisa ekspor ke luar negeri,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA