Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Megawati Legawa Tidak Jadi Ketum Lagi, Effendi Simbolon: Ibu Sudah Siapkan Dan Dorong Kader Maju

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 27 Maret 2021, 12:04 WIB
Megawati Legawa Tidak Jadi Ketum Lagi, Effendi Simbolon: Ibu Sudah Siapkan Dan Dorong Kader Maju
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri/Net
rmol news logo Pernyataan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri terkait regenerasi ketua umum bukan isapan jempol semata. Pasalnya, hal itu acap kali disampaikan Megawati di berbagai agenda internal PDI Perjuangan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Demikian disampaikan politisi PDI Perjuangan Effendi MS Simbolon dalam acara diskusi daring Polemik bertajuk "Senjakala Regenerasi Parpol", Sabtu (27/3).

"Yang saya pahami bahwa pernyataan beliau itu di kami di internal, itu memang dalam berbagai kesempatan di kongres, Rakernas, itu memang beberapa kali dilontarkan oleh beliau," ujar Effendi Simbolon.

Menurut anggota DPR itu, Megawati yang juga merupakan putri proklamator Bung Karno sangat menyadari dan mafhum bahwa kaderisasi dan regenerasi partai merupakan sebuah keniscayaan.

Karena itu, Megawati acap kali menyatakan bahwa kelak dia tidak akan menjadi ketua umum PDI Perjuangan lagi.

"Pada hakikatnya beliau juga sangat menyadari bahwa keniscayaan sebuah perubahan dan regenerasi itu. Bahkan beliau juga mempersiapkan mendorong para kader yang muda, menengah, yang seperti usia saya ini, untuk terus maju," tuturnya.

"Jadi sangat terbuka memang sikap dan pernyataan dari beliau," imbuh Effendi Simbolon menambahkan.

Namun demikian, dia meyakini keputusan dan sikap Megawati terkait regenerasi dan kaderisasi itu akan dipahami oleh para kader PDIP. Sebab, sikap dan keputusan-keputusan yang diambil Megawati sudah pada level sufi alias tidak bisa lagi memperdebatkannya dengan logika sederhana dan umum.

"Beliau itu sudah tataran sufi bagi kami ya. Jadi ya kami yang kader itu pasti mengerti memahami apa yang menjadi statement. Jadi regenerasi kaderisasi itu mengalir terus. Ya bahwa pucuknya figurnya melekat memang sebangun dengan partai itu sendiri," ucapnya.

"Jadi kalau kita melihat dan mendengar statement beliau ini ya memang betul adanya di kami," demikian Effendi Simbolon.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sebelumnya mengaku legawa jika kelak tidak lagi menjabat sebagai ketuam partai lagi.

Bahkan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang juga kader PDIP menilai Megawati sudah menyiapkan kader terbaik sebagai sosok penggantinya kelak. Megawati telah menyiapkan kader terbaik yang itu bisa dari anak biologis maupun kader ideologis.

"Kader-kader yang disiapkan Megawati kan bisa dari anak-anak biologis seperti Mbak Puan (Puan Maharani) dan Mas Nanan (Mohamad Prananda Prabowo) yang juga sangat aktif di partai. Selain itu juga banyak kader anak-anak ideologis yang juga disiapkan. Saya yakin Bu Mega sudah menyiapkan," kata Ganjar  di sela acara kunjungan Menkeu Sri Mulyani di Kabupaten Kendal, Kamis (25/3).

Selain Effendi Simbolon, turut hadir sebagai narasumber dalam diskusi daring tersebut yakni Sekjen PPP Arwani Thomafi, pendiri lembaga Survei KedaiKOPI Hendri Satrio, politisi Gerindra Kamrussamad, dan politisi PKS Indra. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA