Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Burhanuddin Muhtadi: Demokrasi Yang Stabil Ditentukan Seberapa Besar Institutionalized Partai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 27 Maret 2021, 13:16 WIB
Burhanuddin Muhtadi: Demokrasi Yang Stabil Ditentukan Seberapa Besar <i>Institutionalized</i> Partai
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, dalam diskusi virtual MMD Institute bertajuk 'Menguji Daya Tahan Demokrasi', Sabtu (27/3)/Net
rmol news logo Kualitas kelembagaan partai politik (parpol) menjadi satu faktor penentu yang membuat demokrasi di Indonesia bisa stabil dalam indeks demokrasi global.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, dalam diskusi virtual MMD Institute bertajuk 'Menguji Daya Tahan Demokrasi', Sabtu (27/3).

Burhanuddin Muhtadi memaparkan, dirinya mencatat sejumlah indikator yang dipakai The Economist Intelligence Unit (EIU) yang merilis indks demokrasi negara-negara di dunia termasuk Indonesia.

Dalam rilis EIU tersebut, masih ada pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan pemerintah untuk membuat stabil penilaian dunia terhadap indeks demokrasi Indonesia, yaitu mengenai kualitas institusional parpol.

"Demokrasi stabil ditentukan seberapa besar institutionalized partai kita," ujar Burhanuddin Muhtadi.

dalam rilis Indikator Politik, Burhanuddian Muhtadi menyebutkan bahwa pihaknya menemukan adanya penurunan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap parpol sebesar 47,8 persen.

Angka itu lebih rendah dibandingkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap KPK yang sebesar 73,2 persen, Polri 74,4 persen, Kejaksaan 71,3 persen, DPD, 55,7 persen dan DPR 52,6 persen.

"Partai yang sangat penting sekali fungsinya lama kelamaan mengalami degradasisi. Apalagi publik dihadapkan parade perpecahan," paparnya.

Disamping itu, parpol menurut Burhanuddin Muhtadi merupakan salah satu representasi masyarakat untuk memperjuangkan kepentingan umum.

Maka dari itu, jika tingkat kepercayaan masyarakat menurun terhadap parpol, maka bukan tidak mungkin indeks demokrasi Indonesia semakin menurun.

"Karena berbahaya banget demokrasi kalau kepercayaan ke parpol semakin rendah," demikian Burhanuddin Muhtadi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA