Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komitmen Erick Thohir Dorong BUMN Dukung Olahraga Baik Untuk Pengembangan Prestasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 30 Maret 2021, 18:15 WIB
Komitmen Erick Thohir Dorong BUMN Dukung Olahraga Baik Untuk Pengembangan Prestasi
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir/Net
rmol news logo Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berkomitmen mendorong BUMN untuk mendukung kegiatan olahraga nasional.

Setidaknya, ada 13 perusahaan yang ada dalam kelompok BUMN akan terlibat mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan berlangsung Oktober mendatang.

Dukungan terhadap olahraga ini, menurut Erick, merupakan bagian dari peran strategis BUMN sebagai agen pembangunan Indonesia. Termasuk membangun prestasi olahraga.

Pengamat olahraga dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Djoko Pekik Irianto menyambut positif atas perhatian Erick Thohir terhadap olahraga nasional.

Menurutnya hal terpenting lainnya adalah pembinaan terhadap para atlet untuk mencapai prestasi tingkat dunia.

“Kalau diawali dengan membackup penyelenggaran PON sih menurut saya hal yang positif, hanya nanti harapan saya tidak hanya berhenti sampai supporting PON, tapi juga yang lebih penting adalah dukungan terhadap cabang olahraga untuk pembinaan, membina sebagai langkah menjadi prestasi dunia,” tutur Djoko kepada wartawan, Selasa (30/3).

Djoko menambahkan, pada tahun 2011 saat Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games, ia pernah meminta supaya BUMN dapat menjadi “Bapak Angkat” bagi cabang olahraga di Indonesia agar dapat membantu kebutuhan anggaran olahraga yang dianggap masih minim.

“Dulu yang pernah kita rintis di tahun 2011, pada saat Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games itu, BUMN diminta untuk menjadi semacam bapak angkat, bapak angkat cabang olahraga yang nanti bisa membackup kebutuhan anggaran karena minimnya anggaran dari APBN itu harapan kita justru ke sana,” jelasnya.

Selain itu, kata Djoko, sosok Erick Thohir sebelum diangkat menjadi Menteri BUMN sudah lekat dengan dunia olahraga. Seperti pernah menjadi salah satu pemilik klub sepak bola Inter Milan dan D.C. United serta juga pernah sebagai pemilik klub bola basket NBA Philadelphia 76ers, yang merupakan modal bagi Erick untuk perhatian terhadap olahraga.

“Sebelum beliau menjadi menteri kan memang sudah konsen di olahraga, dulu pernah Inter Milan, punya basket di Amerika, tentu ini menjadi modal untuk bagaimana bisa punya atensi yang lebih. Kebetulan beliau dipercaya menjadi Menteri BUMN, menurut saya kok pas ya untuk memback up olahraga," tuturnya.

Lanjutnya, untuk membantu perkembangan olahraga nasional dari sisi pendanaan, ia menyarankan perlu adannya regulasi yang membolehkan dana corporate social responsibility (CSR) BUMN tidak hanya berlaku bagi bina lingkungan, namun ditambahkan peraturan untuk bisa digunakan bagi olahraga.

“Sangat sangat perlu hanya ada regulasi yang mengatur tentang partisipasi BUMN dalam rangka untuk mensuport olahraga oleh karena kalau nanti dari BUMN itu mengambil mengalokasikan dana dari CSR itu kan belum boleh," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA