Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sediakan Ruang Milenial, Golkar Dianggap Sukses Bertransformasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 01 April 2021, 00:09 WIB
Sediakan Ruang Milenial, Golkar Dianggap Sukses Bertransformasi
Partai Golkar/RMOLNetwork
rmol news logo Partai Golkar dinilai telah bertransformasi menjadi lebih modern dengan memfasilitasi ruang politik bagi anak-anak muda.

Menurut pengamat politik Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC), Suciliani Octavia, langkah Golkar memberi ruang bagi anak muda merupakan komitmen politik yang riil terhadap regenerasi dan transformasi partai politik menjadi semakin modern dan terbuka.

“Partai Golkar berhasil memanfaatkan momentum bonus demografi dan potensi partisipasi anak muda. Saya lihat proses rekrutmen dan ruang politik disediakan untuk anak muda, mulai dari daerah sampai nasional," kata Suciliani Octavia, Rabu (31/3).

Baginya, sikap partai pimpinan Airlangga Hartarto itu telah menunjukkan komitmen transformasi bila dibandingkan dengan parpol lain yang dalam rekrutmen cenderung berada pada wilayah elite, status quo, dan kurang merespons isu-isu kekinian, utamanya anak muda. Padahal anak-anak muda penting dalam regenerasi.

“Partai modern adalah partai yang melakukan transformasi dalam hal regenerasi. Terlebih di 2024 nanti pemilih muda sebesar 60 persen. Anak-anak muda ini memiliki isunya sendiri yang khas dan sesuai dengan zamannya, yakni ekonomi kreatif dan digital,” tutup Suci.

Hal senada disampaikan anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI, Christina Aryani yang menyebut Golkar tengah memasuki fase transformasi politik dengan beradaptasi pada perkembangan sosial ekonomi dan kenyataan demografi.

“Partai kami membuka ruang yang luas untuk anak muda dalam kontestasi politik, baik itu di pileg maupun pilkada. Banyak anak muda berhasil di level eksekutif, baik bupati, wakil bupati di sejumlah daerah," jelas Christina Aryani.

Christina lantas membeberkan capaian Golkar dalam hasil survei Indikator Politik Indonesia yang menempati posisi tiga besar sebagai partai politik pilihan anak muda.

“Transformasi yang kami lakukan di bawah kepemimpinan Ketua Umum Pak Airlangga sudah mulai menunjukkan result, dan kami masih punya waktu untuk lebih meyakinkan pemilih anak muda di tahun 2024 nanti untuk melihat Golkar sebagai partai yang dapat dijadikan pilihan tepat,” tandas Christiani. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA