Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pelibatan Daerah Bisa Menutup Semua Celah Pelanggaran Larangan Mudik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 01 April 2021, 08:40 WIB
Pelibatan Daerah Bisa Menutup Semua Celah Pelanggaran Larangan Mudik
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Fahira Idris/Net
rmol news logo Pelibatan pemerintah daerah dalam menegakkan aturan pelarangan mudik merupakan langkah tepat. Sebab, pelibatan itu akan membuat langkah pencegahan dan pengawasan di lapangan semakin efektif.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Fahira Idris mengharapkan aturan detail larangan mudik Lebaran 2021 yang saat ini tengah digodok pemerintah lebih komprehensif, jelas, dan tegas dibanding aturan larangan mudik tahun lalu.

Aturan itu, katanya, harus melibatkan semua pemangku kepentingan terutama pemerintah daerah. Aturan mudik yang komprehensif akan menutup semua celah pelanggaran dan untuk menghindari penafsiran yang berbeda di masyarakat terkait larangan mudik ini.

Oleh karena itu, aturan yang dirumuskan harus harus jelas dan tegas termasuk soal sanksi.

“Model pencegahan yang berlapis ini diharapkan menutup semua celah hingga aturan larangan mudik benar-benar terimplementasikan dengan baik,” ujar nya kepada wartawan, Kamis (1/4).

Lebih lanjut, dia berharap aturan detail soal larangan mudik Lebaran 2021 ini bisa segera rampung dan disebarluaskan secara masif ke seluruh masyarakat.

Komunikasi dan sosialisasi yang bersifat simpatik dan persuasif terhadap aturan larangan mudik ini diharapkan menjadi strategi utama Pemerintah dibanding sosialisasi yang lebih mengedepankan sanksi.

“Saya sangat berharap kita semua lapangkan hati untuk ikhlas dan taat
terhadap aturan larangan mudik ini,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA