Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei SMRC: 77 Persen Responden Puas Pada Pemerintahan Jokowi, Angka Tertinggi Sejak 2019

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 01 April 2021, 19:08 WIB
Survei SMRC: 77 Persen Responden Puas Pada Pemerintahan Jokowi, Angka Tertinggi Sejak 2019
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Tingkat kepuasan warga terhadap kinerja Presiden Joko Widodo meningkat. Dalam Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terbaru menunjukkan sekitar 77 persen warga menyatakan puas dengan kinerja Presiden Jokowi.

Angka ini adalah angka tertinggi dalam tingkat kepuasan terhadap presiden sejak Januari 2019.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas dalam acara rilis survei bertajuk “Kondisi Ekonomi-Politik 1 Tahun COVID-19: Penilaian Publik Nasional” secara daring pada Kamis (1/4).

Dikatakan Abbas, pada Juni 2019, persentase warga yang puas pada Jokowi sempat mencapai titik terendah pada angka 62 persen.

“Jadi bila sekarang 77 persen warga menyatakan puas terhadap kinerja presiden, ini merupakan peningkatan yang sangat signifikan, terutama mengingat adanya wabah Covid-19,” ujar Abbas.

Survei SMRC juga menunjukkan 69 persen warga puas dengan bagaimana pemerintah menangani Covid-19, yang merupakan peningkatan dari angka pada Oktober 2020 yang mencapai 61 persen.

Sebaliknya yang menyatakan tidak atau kurang puas dengan bagaimana pemerintah menangani Covid-19 saat ini hanya 29 persen, yang menunjukkan penurunan tajam dibandingkan pada Oktober 2020 yang mencapai 38 persen.

Demikian pula survei ini menunjukkan tingkat kepuasan warga terhadap kerja pemerintah pusat menangani pemulihan ekonomi akibat Covid-19 mencapai 61 persen, sementara yang menyatakan tidak atau kurang puas hanya 36 persen.

“Kepuasan ini mengindikasikan adanya peningkatan kepercayaan dan optimisme masyarakat terhadap Presiden Jokowi dan pemerintahannya,” kata Abbas.

Survei nasional SMRC dilakukan pada 28 Februari-8 Maret 2021 dengan melibatkan 1.064 responden yang dipilih secara random dan diwawancara secara tatap muka.

Toleransi kesalahan penelitian adalah plus minus 3,07 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA