Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mudik Dilarang, Sandiaga: Ada Peluang Produk Kreatif Berkembang Sebagai Pengganti Berkumpul Dengan Keluarga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 02 April 2021, 23:01 WIB
Mudik Dilarang, Sandiaga: Ada Peluang Produk Kreatif Berkembang Sebagai Pengganti Berkumpul Dengan Keluarga
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno/Ist
rmol news logo Larangan mudik lebaran 2021 yang ditetapkan oleh pemerintah membuat masyarakat tidak bisa untuk berkumpul bersama keluarga di momen tahunan umat Islam pada khususnya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, ada peluang yang bisa diambil oleh para pelaku usaha ekonomi kreatif dengan adanya larangan mudik.

Sandi ingin pelaku ekonomi kreatif bisa memanfaatkannya dengan menjual produk-produk kepada masyarakat sebagai pengganti fisik karena tidak bisa hadir di momen lebaran 2021.

“Mereka harus bisa untuk menangkap peluang, karena seperti yang tadi disampaikan banyak sekali peluang yang muncul karena ditiadakannya mudik yaitu peluang wisata berbasis lokal,” ucap Sandiaga usai berdialog dengan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Hotel Pondok Tingal, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (2/4).

Sandiaga Uno memaparkan peluang tersebut harus dimanfaatkan dengan cara promosi produk ekonomi kreatif lebih gencar lagi.

Kemenparekraf, lanjutnya, siap untuk membantu para pelaku usaha ekonomi kreatif.

“Untuk produk-produk ekonomi kreatif bisa menggantikan kehadiran fisik, kita di kampung halaman dengan mengirimkan produk-produk ekonomi kreatif kepada sanak saudara, handai taulan di kampung halaman,” tuturnya.

Oleh karena itu, tiga strategi yang kerap ia canangkan yaitu inovasi, adaptasi dan kolaborasi diharapkan dapat diimplementasikan oleh para pelaku usaha ekonomi kreatif. Sandi mendorong produk-produk unggulan lebih ditonjolkan.

“Inovasi penting bahwa produk-produk wisata ini harus bisa bertransformasi karena sekarang lebih produk-produk wisata lokal yang diminati,” katanya.

Selain itu, Sandiaga juga menyiapkan sebuah platform aplikasi pengiriman yang mudah murah untuk para pelaku usaha ekonomi kreatif. Hal ini sebagai bentuk Kemenparekraf dalam membantu para pelaku usaha ekonomi kreatif agar tetap bisa bertahan meski adanya kebijakan larangan mudik lebaran 2021.

“Produk-produk ekonomi kreatif yang bisa ditawarkan untuk mengganti kunjungan fisik bagi para masyarakat yang tidak bisa meninggalkan perkotaan untuk menuju ke kampung halamannya dengan perhatiannya melalui mengirimkan produk-produk kreatif dan kami menghadirkan suatu platform yang memberikan kemudahan dari segi promosi dan kemudahan ongkos kirim. Akan kami fasilitasi dan kami siapkan pelatihan pendampingannya,” bebernya.

Dalam dialog ini, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu juga sempat berbincang dengan produk-produk UMKM asal Magelang yang menjajakan barang dagangannya diantaranya Deka Jamu, Soeratmi Indonesia, Tulakir Fiber Glass, Gethuk Rol Cake, Kain Ecoprint, Kerajinan Daur Ulang, Janur Borobudhur dan Batik Desa Wanurejo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA