Farah.ID
Farah.ID

Sering Pasang Badan Dan Jadi Bumper Jokowi, Alasan Ali Ngabalin Pas Gantikan Moeldoko

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 03 April 2021, 11:45 WIB
Sering Pasang Badan Dan Jadi Bumper Jokowi, Alasan Ali Ngabalin Pas Gantikan Moeldoko
Ali Mochtar Ngabalin bersama Presiden RI Joko Widodo sebelum pandemi Covid-19/Net
Sosok Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin memang cocok untuk mengisi jabatan Kepala KSP menggantikan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. Pasalnya, Ali Ngabalin kerap pasang badan untuk Presiden Joko Widodo.

Terlebih, politikus Golkar itu sendiri mengaku siap jika diperintahkan Presiden untuk menjabat kepala KSP.

"Ngabalin cocok, karena dia salah satu orang Istana yang banyak pasang badan untuk Jokowi. Apalagi ketika saat pilpres dulu," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (3/4).

"Ngabalin juga menjadi salah satu pilar utama Istana yang sering jadi bumper Jokowi. Di saat yang lain diam, dia pasang badan untuk Jokowi," imbuhnya menambahkan.

Namun demikian, menurut pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia itu, keputusan pergantian Kepala KSP Moeldoko tetap berada di tangan Presiden Jokowi.

"Semua kan tergantung Presiden," ujar Ujang Komarudin.

Lebih jauh, dia menilai hal terpenting ketika diamanahi jabatan, tidak membuat gaduh apalagi hingga berupaya mencaplok partai politik.

"Yang penting jangan mencaplok lagi partai orang lain dengan cara ilegal seperti yang pernah dilakukan oleh Moeldoko," ucap Ujang Komarudin.

Deputi Balitbang Partai Demokrat, Syahrial Nasution sebelumnya menilai, selain Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah, Tenaga Ahli Utama KSP Ali Mochtar Ngabalin juga layak menjabat Kepala KSP untuk menggantikan Moeldoko.

Menanggapi hal itu, Ali Ngabalin tertawa. Tadi dia mengapresiasi inisiatif tersebut. Jelas politisi Golkar itu, dimana pun ditempatkan, dia selalu siap.

Intinya kata Ali Ngabalin, sebenarnya bukan pada posisi, tapi peran.

"Saya apresiasi kepada beliau (Syahrial Nasution) terimakasih banyak. Doakan agar kami bisa memainkan peran yang bagus, kemudian menjalankan tugas membantu Bapak Presiden dengan baik," katanya kepada redaksi, Jumat kemarin.

"Jangankan itu semua, kalau satu waktu bangsa dan negara Republik ini harus membutuhkan nyawa dan jiwa raga kita-kita ini ya, saya khususnya untuk kepentingan bangsa dan negara, jangan khawatir, saya sudah bilang sama anak dan istri saya," imbuh Ali Ngabalin menambahkan.

ARTIKEL LAINNYA