Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua DPD RI: Ibukota Baru Harus Adopsi Smart City Dan Forest City

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 05 April 2021, 18:16 WIB
Ketua DPD RI: Ibukota Baru Harus Adopsi <i>Smart City</i> Dan <i>Forest City</i>
Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti disambut Sultan Kutai Kertanegara, Ing Martadinata ke XXI, Aji Muhammad Arifin dengan adat Kutai/Ist
rmol news logo Pembangunan Ibukota baru di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara harus benar-benar memperhatikan perspektif lingkungan dan potensi kebencanaan.

Dengan demikian, ibukota negara akan benar-benar bebas dari ancaman banjir.

"Konsep smart city dan forest city atau the bush capital serta sekaligus dengan pemulihan dan perlindungan lingkungan harus menjadi ciri istimewa dan menjadi model percontohan perkotaan modern. Yang terpenting adalah bebas dari banjir," kata Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti usai berkunjung ke Kesultanan Kukar Ing Martadinata, Kaltim, Senin (5/4).

Sebagai kota pintar, ibukota baru harus mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi beserta teknologi internet untuk segala (IoT) dengan cara yang aman untuk mengelola aset kota.

Meliputi sistem informasi pemerintahan lokal, sekolah, perpustakaan, sistem transportasi, rumah sakit, pembangkit listrik, jaringan penyediaan air, pengelolaan limbah, penegakan hukum dan pelayanan masyarakat lainnya sehingga efektif dan efisien dalam pelayanan.

"Smart city harus menjadi pedoman pembangunan ibukota baru. Smart city dicirikan dengan integrasi bersifat pelayanan publik, sehingga hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat bisa dilakukan secara satu pintu," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA