Farah.ID
Farah.ID

Belum Final, Menteri Suharso: Desain Burung Garuda IKN Bisa Didiskusikan

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 05 April 2021, 21:43 WIB
Belum Final, Menteri Suharso: Desain Burung Garuda IKN Bisa Didiskusikan
Desain Istana Negara Ibukota Negara di Kalimantan Timur/Net
Desain Istana Negara di ibukota baru di Kalimantan Timur yang sempat membuat heboh dipastikan masih berupa gagasan awal dan belum final.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa dalam diskusi virtual terkait pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), Senin (5/4).

"Kita pikirkan, bangunan burung garuda secara arsitektur bagaimana atau secara security-nya, kita bisa diskusikan," kata Suharso.

Diskusi tersebut turut melibatkan sejumlah ahli yang tergabung dalam Ikatan Ahli Arsitek Indonesia (IAI), Ikatan Ahli Rancang Kota Indonesia (IARKI), Ikatan Ahli Perencana Wilayah dan Kota (IAP), Ikatan Arsitek Lansekap Indonesia (IALI), dan Green Building Council Indonesia (GBCI).

Suharso pun memastikan desain tersebut masih bisa didiskusikan dengan berbagai pihak, termasuk dengan para ahli di bidang arsitektur dan perencanaan.

Dalam pembangunan Istana Negara, Kementerian PPN/Bappenas beserta kementerian terkait sudah menyelaraskan materi master plan dengan urban design IKN. Aspek lingkungan juga turut diperhatikan dalam membangun IKN.

"Semua hitungan dalam proses perencanaan dan rancangan Ibu Kota Negara sudah kami perhitungkan, prosesnya sudah mengikuti kaidah yang bisa diterima dan paling penting tidak melanggar undang-undang," sambung Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA