Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua Senator: Inovasi OPOP Bisa Jadi Pioner Kemandirian Pesantren, Bahkan Sukseskan PEN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 07 April 2021, 20:56 WIB
Ketua Senator: Inovasi OPOP Bisa Jadi Pioner Kemandirian Pesantren, Bahkan Sukseskan PEN
Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti saat mengunjungi salah satu ponpes di Bondowoso Jawa Timur/Ist
rmol news logo Program One Pesantren One Product (OPOP) yang kini telah menjelma menjadi kekuatan basis ekonomi pesantren mandiri di Jawa Timur patut diapresiasi.

Bukan tanpa sebab, program tersebut pun diyakini akan membantu program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang sedang berjalan.

"Namun tentu saja program tersebut memerlukan dukungan kekuatan finansial, salah satunya melalui perbankan syariah," ujar Ketua DPD RI, LaNyalla Mahmud Mattalitti, Rabu (7/4).

Saat ini, OPOP sudah diberi kemudahan akses perbankan oleh PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim. Hal itu patut didukung agar langkah konkret OPOP dapat segera diwujudkan.

Bila dikembangkan dengan serius, LaNyalla optimis program OPOP akan menjadi percontohan masyarakat berbasis pesantren. Terlebih SDM pesantren cukup mumpuni untuk mengembangkan program tersebut.

"Kita berharap ini menjadi pioner kemandirian pesantren yang ke depannya program ini dapat menjadi percontohan masyarakat berbasis pesantren," harap alumnus Universitas Brawijaya Malang tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA