Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menristek: Vaksin Merah Putih Siap Dipakai Semester Pertama 2022

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 09 April 2021, 03:56 WIB
Menristek: Vaksin Merah Putih Siap Dipakai Semester Pertama 2022
Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brojonegoro/Ist
rmol news logo Vaksin Merah Putih buatan dalam negeri saat ini telah memasuki tahap uji klinis. Ditargetkan, vaksin tersebut dapat digunakan masyarakat pada semester pertama 2022.

Saat ini, Lembaga Biologi Molekuler Eijkman sudah menyiapkan bibit vaksin subnit protein rekombinan ekspresi mamalian dan sedang menyelesaikan yang ekspresi ragi.

Begitu juga Universitas Airlangga (Unair) Surabaya akan melakukan uji praklinis sebelum masuk pada manufaktur.

"Targetnya semester satu 2022 sudah bisa ikut progran vaksinasi masal," ujar Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brojonegoro dikutip Kantor Berita RMOLJabar, Kamis (8/4).

Untuk mewujudkan target tersebut, sambung Bambang, pihaknya terus mendorong proses produksi.

Sebab persoalan utama, Biofarma sebagai lokasi pembuatan vaksin kapasitasnya belum mencukupi, namun sudah ada kandidat baru sebagai tempat produksi vaksin tersebut.

"Ini masih on the track dari sudut penelitian, tapi jangan lupa bagian penting juga dari vaksin itu manufakturnya. Terus terang Biofarma kapasitasnya belum cukup. Makanya kita mengajak swasta tapi baru mulai masuk butuh waktu izin dari BPOM dulu, kemudian belajar bagaimana bisa memproduksi," ungkapnya.

Bambang menambahkan, proyek pengembangan vaksin nasional tak terpengaruh mutasi baru Covid-19. Justru, terus dilakukan proses pengembangan agar dapat ampuh mengatasi virus mutasi tersebut.

"Ini kan jadi peluang bagi kita untuk membuat, menggabungkan. Jadi tidak akan pengaruh adanya varian baru," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA