Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ganjar Di Atas Puan, Tapi Tidak Punya Karpet Merah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 09 April 2021, 13:39 WIB
Ganjar Di Atas Puan, Tapi Tidak Punya Karpet Merah
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo
rmol news logo Isu terkait adanya capres poros istana dan non istana untuk 2024 terus bergulir dan memunculkan beragam spekulasi tentang nama yang akan diusung.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Poros istana yang dipimpin PDI Perjuangan yang sangat memungkinkan berkoalisi dengan Partai Gerindra. Spekulasi pasangannya, Prabowo Subianto-Puan Maharani, Puan Maharani-Sandiaga Uno, atau Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno.

Menurut Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, kemungkinan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan diusung PDI Perjuangan sangat sulit dan nyaris tidak mungkin. Sekalipun Ganjar selalu moncer dalam sejumlah hasil survei.

Pasalnya, PDI Perjuangan akan lebih mendorong Puan Maharani yang punya “karpet merah” untuk Pilpres 2024 mendatang.

"Ganjar di atas Puan. Tapi Ganjar tak punya karpet merah ke PDIP," kata Adi Prayitno kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (9/4).

Ganjar bisa saja berpindah partai jika kesal dengan kenyataan tersebut. Partai Golkar paling memungkinkan menjadi labuhan baru Ganjar Pranowo.

Hanya saja, sambung Adi, perpindahan itu tidak serta merta membuat nama Ganjar mulus dalam pencalonan presiden.

“Kalau pindah berharap diusung Capres itu mustahil," tuturnya.

"Golkar punya jagoan sendiri, di Golkar sudah mematok Airlangga. Itu juga banyak politisi senior berpengalaman," demikian Adi Prayitno.

Isu adanya poros Istana yang dipimpin PDI Perjuangan yang sangat memungkin berkoalisi dengan Partai Gerindra pada Pilpres 2024 pertama kali disampaikan Pengamat Politik yang juga Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun.

Menurut Refly, koalisi Istana pasca Joko Widodo, berpeluang menjagokan Prabowo Subianto-Puan Maharani, Puan Maharani-Sandiaga Uno, atau Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno.

"Karena kalau menyebut calon dari Istana. Empat nama itu yang mungkin dijagokan Istana pimpinan PDI Perjuangan," ujar Refly Harun dalam akun YouTube miliknya, Senin (5/4). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA