Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Isu Tiga Periode Luntur, Jokowi Diyakini Akan Banting Setir Jadi King Maker

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 09 April 2021, 17:33 WIB
Isu Tiga Periode Luntur, Jokowi Diyakini Akan Banting Setir Jadi <i>King Maker</i>
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo/Net
rmol news logo Melemahnya isu penambahan periode presiden tiga periode diyakini akan membuat Presiden Joko Widodo bermanuver sebagai king maker di Pilpres 2024 mendatang.

Terlebih belakangan muncul adanya kemungkinan poros istana dan non istana menuju 2024 merujuk kedekatan PDIP dan Gerindra di pemerintahan.

Poros Istana yang dipimpin PDI Perjuangan sangat memungkinkan berkoalisi dengan Partai Gerindra dengan menjodohkan masing-masing kader sebagai capres dan cawapres.

Disampaikan Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin, gelagat Jokowi ingin menjadi king maker sudah mulai tercium.

"Soal apakah Jokowi maju lagi, itu tergantung ada tidaknya amandemen Pasal 7 UUD NRI 1945," ujar Ujang Komarudin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (9/4).

Ujang menilai, jika amandemen Pasal 7 UUD 1945 tidak dilakukan, maka kemungkinan besar Jokowi akan mendukung salah satu kandidat pada Pilpres 2024 mendatang.   

"Mungkin bukan Jokowi yang maju, tapi calon yang akan didukung Jokowi," lanjutnya.

Adapun, terkait siapa paslon atau kandidat yang bakal didukung Jokowi sendiri masih belum terlihat jelas peta koalisinya untuk Pemilu 2024.

"Belum kelihatan," tandasnya.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA