Farah.ID
Farah.ID

Tokoh Muda Kian Dominasi Elektabilitas, Demokrat: Rakyat Berharap Tampil Wajah Baru

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 10 April 2021, 23:41 WIB
Tokoh Muda Kian Dominasi Elektabilitas, Demokrat: Rakyat Berharap Tampil Wajah Baru
Kepala Bakomstra DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra/Ist
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terpotret dalam rilis survei politik terbaru yang dirilis Indonesia Political Opinion (IPO), disambut baik oleh DPP Partai Demokrat.

Putra sulung Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, mendapatkan tingkat keterpilihan sebesar 7,1 persen. Berada di atas Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, yang memperoleh 5,7 persen.

Dalam survei tersebut, 1.200 responden cenderung memilih sejumlah tokoh politik muda ketimbang tokoh politik senior.

Menanggapi hal itu, Kepala Bakomstra DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengatakan, hasil survei IPO menunjukkan rakyat mendapat harapan baru dari kehadiran para pemimpin muda dengan elektabilitas tinggi.
 
"Mungkin ada harapan dari rakyat akan tampilnya wajah baru memimpin di pentas nasional. Bagaimanapun, dunia terus berubah. Tantangan juga semakin berbeda dan kompleks dari waktu ke waktu," kata Herzaky kepada Kantor Berita Politik RMOL di Jakarta, Sabtu (10/4).

Herzaky menambahkan, dengan tampilnya pemimpin muda ke pentas nasional, masyarakat bisa berharap mereka bisa memberikan ide-ide segar yang out of the box, tapi tentu tetap rasional.

"Sehingga bisa memberikan solusi yang bukan saja baik secara konsep, melainkan juga benar-benar dapat diterapkan dan bermanfaat dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi bangsa dan negara ini," tuturnya.

"Kehadiran pemimpin baru dalam pentas nasional, bakal memberikan gairah dan optimisme baru bagi masyarakat kita yang sedang jenuh diterpa pandemi dan krisis ekonomi. Tentunya sinyal harapan publik ini mesti kita tangkap dengan baik dan perjuangkan," demikian Herzaky.

Menurut hasil survei IPO, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat urutan tertinggi, berada di atas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Anies memperoleh tingkat keterpilihan sebanyak 15,8 persen dengan urutan pertama. Sementara, Ganjar berada di urutan kedua dengan persentase 12,6 persen," Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah saat merilis hasil surveinya, Sabtu (10/4).

Selanjutnya, ada Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dengan 9,5 persen dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan raihan 7,9 persen.

Kemudian, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, masuk ke dalam 5 besar tingkat keterpilihan di survei IPO ini. Putra sulung Presiden RI keenam ini mendapat perolehan tingkat keterpilihan sebesar 7,1 persen, atau berada di atas sosok Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang memperoleh 5,7 persen.

Selain itu di bawahnya, ada nama Menteri Dalam Negeri M Tito Karnavian yang memperoleh 4,5 persen, Presiden PKS Ahmad Saikhu 3,8 persen, mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan 2,3 persen, dan Ketua DPR Puan Maharani 1,6 persen.

Dari survei terkait tingkat keterpilihan ini, IPO mencatat sebanyak 24,1 persen mengaku tidak tau dan atau tidak menjawab.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA