Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Era Industri 4.0, Ketua DPD RI Minta Kampus Lahirkan Para Pengusaha Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 11 April 2021, 12:18 WIB
Era Industri 4.0, Ketua DPD RI Minta Kampus Lahirkan Para Pengusaha Baru
Ketua DPD RI, LaNyalla Mahmud Mattalitti berbincang dengan Wakil Ketua Umum Kadin, Anindya Bakrie/Ist
rmol news logo Industri 4.0 harus dimanfaatkan oleh Indonesia dengan mengeruk banyak peluang. Namun sayangnya sumber daya manusia untuk menjadi pengusaha di tanah air jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan negara-negara lain.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Untuk itu, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, LaNyalla Mahmud Mattalitti mendorong kampus-kampus di Indonesia untuk menggenjot lahirnya para pengusaha baru.

Menurut LaNyalla, pengusaha baru yang lahir dari kampus merupakan pengusaha akademis yang mampu membuat development bisnis yang mengakar.

"Mengapa begitu, karena development yang mereka buat berbasis science. Jadi saya kira, menggenjot lahirnya pengusaha dari lingkungan kampus merupakan sesuatu yang sangat substansial," kata LaNyalla, seperti dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi, Minggu (11/4).

Ketua Dewan Kehormatan Kadin Jawa Timur itu menuturkan, untuk mencetak pengusaha-pengusaha yang berangkat dari kampus, kita memerlukan ideologi pragmatis yang radikal dengan kurikulum yang berorientasi khusus pada entrepreneur yang sepenuhnya.

"Jadi, perlu keseriusan dan komitmen yang mendasar untuk menciptakan pengusaha-pengusaha baru yang dilahirkan dari kampus," ujarnya.

Meski saat ini kampus-kampus yang berorientasi pada bisnis atau tenaga terampil, namun ia mengatakan, belum sepenuhnya ke arah proses penciptaan pengusaha-pengusaha muda yang aplikatif terjun menggerakkan bisnis mereka.

"Jadi wajar skor Human Capital Indonesia masih relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan beberapa negara lain. Saya kira ini perlu mendapat perhatian serius," tegas LaNyalla.

Menurut laporan Global Entrepreneuship Index (GEI) 2018 yang dirilis oleh The Global Entrepreneurship Development Institute (GEDI), Indonesia masih menempati peringkat ke-94 dari 137 negara untuk human capital.

Sementara di beberapa negara maju banyak pengusaha yang lahir di lingkungan kampus seperti Mark Zuckerberg mendirikan Facebook saat masih kuliah di Harvard University. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA