Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PKS: Demokrasi Kita Saat Ini Tertatih-tatih Akibat Oligarki Kekuasaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 11 April 2021, 19:27 WIB
PKS: Demokrasi Kita Saat Ini Tertatih-tatih Akibat Oligarki Kekuasaan
Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI, Jazuli Juwaini/Ist
rmol news logo Demokrasi akan berjalan dengan baik apabila segala prosesnya berjalan dengan jujur dan adil tanpa dicampuri politik uang dan hal-hal lain yang menghambat demokrasi menjadi baik.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal tersebut ditegaskan Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jazuli Juwaini yang menyebut demokrasi Indonesia berbeda dengan negara lain karena Indonesia memiliki Pancasila sebagai dasar negara sekaligus identitas dan karakter bangsa.

“Demokrasi Indonesia berjalan dengan baik ketika awal reformasi. Namun saat ini, demokrasi kembali tertatih-tatih akibat oligarki kekuasaan dan kapital,” kata Jazuli, Minggu (11/4).

Ia menjelaskan, dibutuhkan komitmen kuat seluruh elemen bangsa dalam mewujudkan demokrasi pancasila yang substantif,  yaitu demokrasi yang menghasilkan kesejahteraan rakyat berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Mohammad Sohibul Iman, mengatakan saat ini masyarakat terhadap akan terwujudnya demokrasi yang substantif dan lebih baik.

Namun saat ini demokrasi di Tanah Air masih belum sesuai dengan harapan. Sebab, money politics masih marak terjadi dan membuat demokrasi tidak lebih baik dan adanya kekuatan besar yang disebut oligarki.

"Penyebab mundurnya demokrasi Indonesia salah satunya akibat dari desain institusi demokrasi kita yang belum tuntas, menyempitnya partisipasi publik, kemudian pengelolaan negara yang tidak baik akibat abuse of power," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA