Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lapas Padang Di Bibir Pantai, Sahroni: Kalau Sampai Terjadi Tsunami, Ribuan Napi Bisa Tewas!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 12 April 2021, 10:56 WIB
Lapas Padang Di Bibir Pantai, Sahroni: Kalau Sampai Terjadi Tsunami, Ribuan Napi Bisa Tewas<i>!</i>
Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni/Net
rmol news logo Komisi III DPR RI dibuat terheran dengan keberadaan lembaga pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Kota Padang, Sumatera Barat yang berdekatan dengan bibir pantai.

Fakta tersebut ditemui Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni bersama jajarannya saat melakukan kunjungan kerja di Kota Padang, Senin (12/4).

Dalam kunjungan tersebut, Komisi III DPR mendapatkan penjelasan terkait lokasi Lapas yang sangat dekat dengan bibir pantai, yakni hanya sekitar 20 meter saja. Hal ini tentunya sangat berbahaya, karena kontur tanah yang rendah dan rawan bencana.

“Salah satu hal yang menjadi perhatian kami juga adalah terkait lokasi lapas yang terlalu dekat dengan bibir pantai. Ini berbahaya sekali karena Padang sendiri merupakan daerah yang rawan gempa, kalau sampai terjadi tsunami, ribuan napi bisa tewas," ujar Sahroni.

"Sebelumnya, BPBD Padang juga sudah memberikan rekomendasi agar lapasnya direlokasi,” imbuh legislator Partai Nasdem ini.

Terkait rekomendasi yang diterima, Sahroni menyebut bahwa Komisi III tentunya sangat mendukung hal tersebut, mengingat keselamatan para warga binaan adalah prioritas utama.

“Terkait rekomendasi untu relokasi ini, kami sebagai mitra kerja Kemenkumham tentunya mendukung penuh, karena keselamatan warga lapas adalah yang utama. Atau kalau tidak ada relokasi, setidaknya direnovasi, agar lapasnya bisa aman dan tahan bencana,” demikian Sahroni. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA